Liga Indonesia

Resmi! Piala Presiden 2018 Akan Digelar Bulan Januari

Senin, 18 Desember 2017 20:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ahmad Priobudiyono
© Prima Pribadi/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo saat membuka langsung Turnamen Piala Presiden 2017. Copyright: © Prima Pribadi/INDOSPORT
Presiden Joko Widodo saat membuka langsung Turnamen Piala Presiden 2017.

Teka-teki perhelatan Piala Presiden 2018 akhirnya terjawab. Perhelatan akbar yang biasa digunakan sebagai ajang pemanasan bagi klub-klub menjelang kompetisi baru tersebut akan digelar pada bulan Januari 2018.

Kepastian berlangsungnya Piala Presiden diutarakan langsung oleh Berlinton Siahaan selaku Ketua Organizing Commite Piala Presiden usai menghadap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Kebetulan kami tadi sudah menghadap bapak Presiden Jokowi. Hajatan Piala Presiden 2018 akan digelar mulai pekan kedua Januari 2018 dan selesainya pada pertengahan Februari 2018. Untuk detail terperincinya, akan kami umumkan kemudian," ucap Berlinton Siahaan,  Senin (18/12/17).

© Prima Pribadi/INDOSPORT
Joko Widodo Presiden Indonesia ke-7 membuka langsung Turnamen Piala Presiden 2017. Copyright: Prima Pribadi/INDOSPORTJoko Widodo Presiden Indonesia ke-7 saat membuka langsung Turnamen Piala Presiden 2017.

Berlinton menambahkan bahwa perhelatan Piala Presiden kali ini akan diikuti oleh 20 tim peserta. Dimana ke 20 peserta ini merupakan perpaduan antara tim-tim Liga 1 dan Liga 2.

"Dengan rincian, kami akan mengundang 18 klub dari Liga 1 yang terdiri dari 15 klub yang bertahan di musim lalu dan tiga klub berstatuskan promosi. Sedangkan dua klub berikutnya adalah Martapura FC dan PSPS Pekanbaru. Pemilihan kedua klub tersebut karena pada musim lalu mereka menduduki peringkat keempat dan kelima di babak akhir Liga 2 2017," jelas Berlinton.

Terkait tempat pelaksanaan, panitia telah menentukan akan digelar di lima kota sekaligus. Kelima kota tersebut adalah Bandung, Surabaya, Malang, Bali, dan Makassar. Pemilihan kota, menurut Berlington, lebih ke pertimbangan mana yang layak. 

"Sebenarnya kami ingin ada salah satu kota di Pulau Sumatera. Tapi, sepertinya belum siap. Seperti diketahui stadion di Medan, masih direnovasi," beber dia.

Khusus untuk penunjukkan tempat berlangsungnya pertandingan final, sejauh ini belum ditentukan. Semua akan menyesuaikan dengan perkembangan. "Kami inginnya laga final bisa dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Semua tengah kami usahakan," pungkas Berlinton.

516