Bursa Transfer

Rumor Transfer Liga 1: Persib Segera Resmikan Bintang Liga Thailand Berpaspor Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 12:53 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2018, sejumlah klub mulai menunjukkan geliat dalam merekrut dan melepas pemain. Meski diisukan baru akan bergulir pada Februari 2018 mendatang, para peserta kompetisi Liga 1 mulai sibuk mempersiapkan diri. Selain dengan rutin menggelar sesi latihan, klub-klub papan atas persepakbolaan Tanah Air juga ikut bergerak mencari amunisi baru selama bursa transfer dibuka. 

Baru-baru ini bursa transfer Liga Indonesia dihebohkan dengan hadirnya Patrich Wanggai di latihan Persib Bandung hari ini, Senin (18/12/17). Pemain asal Papua yang musim lalu memperkuat Borneo FC itu dikabarkan akan menjadi pemain Maung Bandung di Liga 1 tahun 2018.

Menurut kabar yang santer beredar, Liga 1 2018 akan dimulai pada 24 Februari 2018. Meski jadwal ini belum resmi dari PT LIB, tapi memang Liga 1 2018 direncanakan bergulir pada akhir Februari 2018.  

Berikut ini, INDOSPORT akan merekap rumor transfer Liga 1 yang beredar pada hari ini, Kamis (18/12/17):

Arema FC

© Instagram@Kurniawankartikaajie
Kurniawan Kartika Ajie saat menjalani latihan. Copyright: Instagram@KurniawankartikaajieKurniawan Kartika Ajie saat menjalani latihan.

Arema FC dikabarkan akan segera merekrut kiper Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22,  Kurniawan Kartika Ajie, untuk mengarungi kompetisi musim 2018. Selain Arema, ada tiga tim besar juga yang mendekatinya. Namun, Singo Edan yang paling intensif berkomunikasi.

“Ada Mitra Kukar, Barito Putera dan Sriwjaya FC selain Arema FC. Tapi saya lebih dekat dengan Arema karena mereka yang terus berkomunikasi dengan saya,” ujar Ajie.

Bahkan, kata kiper kelahiran Balikpapan 20 Juni 1996 itu, manajemen Singo Edan datang menemuinya di Balikpapan dan membicarakan soal kontraknya.

“Saya sudah bertemu dengan Rudi Widodo (Manajer Arema), juga pelatih kiper, kita ngobrol di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan,” ujarnya.

Sriwijaya FC

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Novan Setya Sasongko dan skuat Semen Padang saat berlatih di Stadion Batakan. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTNovan Setya Sasongko dan skuat Semen Padang saat berlatih di Stadion Batakan.

Bek sayap andalan Semen Padang, Novan Setya Sasongko, kian mendekat ke Sriwijaya FC. Pemain berusia 28 tahun itu akan mulai mengikuti program latihan dari Pelatih Kepala SFC Rahmad Darmawan di Stadion Bumi Sriwijaya (18/12/17) .

“Novan sudah di Palembang, dia besok sudah mulai latihan,” ucap Sekretaris Tim SFC Achmad Haris, Minggu (17/12/17).

Namun Laskar Wong Kito kemungkinan besar gagal merekrut Irsyad Maulana dan Agung Prasetyo yang tidak mendapatkan restu dari Semen Padang. Bahkan kedua pemain ini sampai dijadikan karyawan di PT Semen Padang untuk menjegal kepergiannya ke SFC.

Selain Novan, Sriwijaya FC juga akan mendatangkan Herman Dzumafo. Striker PSPS Pekanbaru berusia 37 tahun itu bahkan sudah berada di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Persib Bandung

© Nakhonratchasima Mazda F.C.
Victor Igbonefo Copyright: Nakhonratchasima Mazda F.C.Victor Igbonefo

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, memberikan kode keras bahwa Maung Bandung akan mendatangkan bek anyar pada Januari 2018. Pemain yang dimaksud Gomez ialah Victor Igbonefo yang tak lain adalah bek naturalisasi Indonesia yang musim lalu memperkuat klub Thailand, Nakhon Ratchasima.

"Terus ada satu lagi Victor (Igbonefo) dia Januari sudah datang," jelas Gomez seusai memimpin latihan pasukannya di Lapangan Sesko AD, Kota Bandung, Senin (18/12/17).

Igbonefo sendiri dipastikan tak diperpanjang kontraknya oleh Nakhon Ratchasima. Pemain berusia 32 tahun itu menjadi salah satu pilar di lini belakang Nakhon Ratchasima pada musim 2017. Tercatat, pemain berdarah Nigeria itu bermain dalam 33 laga dan berhasil menyumbangkan dua gol.

Persija Jakarta

Gelandang kawakan Indonesia, Asri Akbar memberikan sinyal perpisahan bersama klubnya, Borneo FC. Pemain berusia 33 tahun ini menanggalkan ucapan selamat tinggal untuk klub berjuluk Pesut Etam itu melalui akun Instagram pribadinya, @asriakbar_06.

Setelah hengkang dari Pesut Etam, Asri dikabarkan bakal bergabung dengan Persija Jakarta. Supaya transaksi ini lancar, tim berjuluk Macan Kemayoran itu menjadikan Ambrizal Umanailo sebagai paket barter.

Gelandang bertenaga kuda ini telah sarat pengalaman memperkuat klub besar di Indonesia. Pemain kelahiran Gowa, Sulawesi Selatan itu pernah membela Persib Bandung dan Sriwijaya FC.

881