Liga Indonesia

Bukan Mengekang, Ini Penjelasan PSSI Terkait Evan Dimas dan Ilham Udin

Rabu, 20 Desember 2017 16:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Evan Dimas dan Ilham Udin. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Evan Dimas dan Ilham Udin.

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI telah menegaskan tidak menghalangi dua pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dan Ilhan Udin Armayn untuk bergabung dengan klub Malaysia, Selangor FA.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengatakan pihaknya hanya khawatir akan sinkronisasi jadwal klub dengan Skuat Garuda yang tengah mempersiapkan diri menuju Asian Games 2018.

“PSSI tidak melarang. Tahun 2018 begitu spesial, di mana negara tempat pilihan. Contoh Ryuji Utomo, kita tidak konsen, dan dia sudah berkoordinasi dengan kita. Dalam perkembangan dan pertumbuhan industri, studi banding sudah dilakukan, Indonesia dan Malaysia punya rivalitas yang sangat tinggi,” ujar Tisha.

© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria memberikan keterangan terkait kepindahan Evan Dimas dan Ilham Udin ke Liga Malaysia. Copyright: Muhammad Adi Yaksa/Indosport.comSekjen PSSI, Ratu Tisha Destria memberikan keterangan terkait kepindahan Evan Dimas dan Ilham Udin ke Liga Malaysia.

“Apabila mereka harus keluar, dan pilihannya Malaysia yang memang 11-12 dengan intensitas area kompetisi kita ini,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Ratu Tisha juga menggaris bawahi kalau PSSI memang memiliki peranan penting apabila ada pesepakbola Tanah Air yang akan merumput ke luar negeri. Sekjen PSSI, menjelaskan pihaknya pun nantinya ikut bertanggung jawab apabila ada sesuatu yang terjadi dengan para pemain yang mencari nafkah di negeri orang.

"Yang perlu digaris bawahi di sini adalah kesadaran untuk berkoordinasi dengan federasi. Jadi, di mana-mana yang namanya esensi dari transfer pemain, federasi memiliki peranan penting di situ karena areanya adalah proteksi terhadap pemain itu sendiri," tutur Ratu Tisha.

"Bagaimana pun itu adalah pemain kita yang keluar, terlepas dari bila pemain itu sudah diprediksi menjadi pemain Timnas atau bukan," tutupnya.

© Instagram/evhandimas
Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn. Copyright: Instagram/evhandimasEvan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn.

Dengan keadaan saat ini makan dapat dipastikan baik Evan Dimas maupun Ilham Udin akan segera berseragam Selangor FA dalam waktu dekat. Terlebih keduanya telah resmi menandatangani kontrak selama semusim ke depan dan dilaporkan akan bergabung sebelum Natal, tepatnya 22 Desember untuk diperkenalkan dan mulai bergabung dalam latihan tim.

326