Bola Internasional

Tak Hanya Uji Coba Biasa, Ini Misi Khusus PSSI di Laga Kontra Islandia

Kamis, 21 Desember 2017 19:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Sekjen PSSI, Ratu Tisha (kanan) didamping Ketua Panitia Aceh World Solidarity Cup 2017, M Sakdan Abidin. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Sekjen PSSI, Ratu Tisha (kanan) didamping Ketua Panitia Aceh World Solidarity Cup 2017, M Sakdan Abidin.

PSSI ternyata memiliki misi tersendiri di balik dua laga uji coba, tim Indonesia Selection dan Timnas Indonesia pada 11 dan 14 Januari 2018. Selain ingin memberikan tontonan menarik dan juga pengalaman internasional bagi pemain, induk sepakbola Tanah Air itu ingin menjadikan pertandingan melawan Islandia sebagai persiapan menuju Asian Games 2018.

Sekjen PSSI, Ratyu Tisha mengatakan pada dua laga uji coba level internasional itu, pihaknya ingin memberikan pengalaman bagi panitia pelaksana tentang manajemen pelaksanaan. Hal itu sangat penting mengingat tahun depan Indonesia dan PSSI akan menjadi tuan rumah Asian Games dan juga tujuh event internasional di tingkat Asia dan Asia Tenggara.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Preskon Indonesia vs Islandia Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comPreskon Indonesia vs Islandia

"Ini area uji coba buat persiapan Asian Games nanti dan tidak hanya di area Timnas tapi juga manajemen pelaksananya. Karena tahun depan kita tuan rumah 10 event internasional salah satunya Yogyakarta akan kebagian. Maka kita berdayakan Asprov (asosiasi provinsi) PSSI yang ada untuk persiapkan panpel yang profesional buat menyambut tamu yang banyak nantinya," tuturnya.

Apa yang disampaikan Sekjen PSSI memang berasalan. Pasalnya pada 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF Futsal, AFF Futsal Klub, Piala AFF U-16 dan U-19, Piala AFF Women U-16 dan Senior, hingga Soccer Beach.

Banyaknya event sepakbola di tahun depan juga diharapkan memberikan dampak positif dalam membangun sepakbola nasional terutama dari sektor perkembangan industri. Hal itu pernah disampaikan oleh wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Waketum PSSI, Joko Driyono. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWaketum PSSI, Joko Driyono.

"Indonesia akan memanfaatkan ini untuk beberapa kepentingan. Pertama football development sendiri, tidak hanya dari aspek teknis tapi juga pengelolaan event dan SDM event, serta perangkat lain kita manfaatkan," urai pria berkaca mata tersebut.

"Kita memaksimalkan seluruh pecinta sepakbola ini bahwa akan ada pertandingan di 2018. Kita ingin momentum itu kita pakai. Kita ingin sepakbola di indonesia juga bisa menjadi event men-drive industri dan ini menjadi tantangan sendiri," tutup Jokdri.

44