Liga Spanyol

Barcelona Permalukan Real Madrid, Legenda Timnas Spanyol Puji Valverde

Senin, 25 Desember 2017 09:18 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Ernesto Valverde. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Ernesto Valverde.

Legenda Timnas Spanyol yang juga eks kapten Barcelona, Xavi Hernandez, memuji pelatih Ernesto Valverde yang telah mengantarkan Barcelona megalahkan Real Madrid pada Sabtu (23/12/17) kemarin. Pada laga bertajuk EL Clasico tersebut, Blaugrana berhasil mempermalukan sang rival abadi di Santiago Bernabeu dengan skor 3-0.

Menurut Xavi, performa apik yang ditunjukkan Blaugrana tak terlepas dari tangan dingin Valverde. Mantan kapten Barcelona tersebut menilai bahwa Valverde mampu menjawab kritikan beberapa pihak yang meragukan kinerjanya pada awal musim lalu.

Xavi juga mengklaim sosok mantan pelatih Valencia dan Athletic Bilbao tersebut sangat tepat menangani Barcelona. Pemain yang kini berkarier di Qatar itu beranggapan bahwa sang pelatih berhasil memaksimalkan potensi yang dimiliki para punggawa Barcelona.

“Valverde? Dia percaya menerapkan permainan dalam model Barca 100 persen. Dia merevitalisasi gaya bermain mereka. Permainan posisi telah menjadi penting dan Messi adalah salah satu yang menyebabkan kekacauan bagi lawan mereka,” ucap Xavi, dikutip Express.

© Barrington Coombs/Getty Images)
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez Copyright: Barrington Coombs/Getty Images)Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez

Dirinya pun menilai Lionel Messi bermain sangat nyaman dengan skema yang diterapkan Valverde sepanjang musim 2017/18. Keberhasilan tersebut terbukti ketika pemain yang memiliki julukan La Pulga tersebut menjadi pencetak gol terbanyak sementara di liga domestik.

© INDOSPORT
Lionel Messi merayakan selebrasinya pasca mencetak gol ke gawang Real Madrid. Copyright: INDOSPORTLionel Messi merayakan selebrasinya pasca mencetak gol ke gawang Real Madrid.

“Messi? Leo bisa melakukan apapun yang diinginkannya. Lihatlah bagaimana dia selalu memenangkan bola saat dia pergi mengusir lawannya. Dia pesepakbola total, terbaik dalam sejarah, sebuah keajaiban. Dia seorang winger yang sempurna dan sekarang dia melakukan segalanya melalui tengah lapangan,” tutupnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%