Liga Italia

Loyalitas Tinggi, Buffon Siap Bela Juve dan Italia Hingga Usia 80 Tahun

Selasa, 26 Desember 2017 02:40 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Setelah lebih dari dua dekade menjalani karier sebagai pemain sepakbola, Gianluigi Buffon akhirnya merasa tiba saatnya untuk mundur. Putusan untung menggantungkan sarung tangannya telah diambil kiper utama Juventus dan Timnas Italia ini. Akhir musim nanti akan menjadi pengujung kariernya sebagai pemain.

Meski demikian, Buffon mengaku dia tidak akan sepenuhnya meninggalkan sepakbola. Dunia yang sudah memberikannya banyak pengalaman dan prestasi.

Kiper 39 ini memilik 175 caps bersama Gli Azzurri dan telah tampil dalam 638 laga bersama Juventus. Jumlah yang masih akan terus bertambah hingga Mei/Juni nanti.

© Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Kiper utama Juventus, Gianluigi Buffon. Copyright: Nicolò Campo/LightRocket via Getty ImagesKiper utama Juventus, Gianluigi Buffon.

Bersama Gli Azzurri, Buffon merasakan manisnya juara di Piala Dunia 2006. Bersama Juventus tak perlu disebut lagi. Buffon sudah merasakan 10 scudetti bersama I Bianconeri. Kini dia bertekad akan terus membaktikan dirinya jika dibutuhkan, meski sampai berusia 80 tahun sekalipun.

"Akankah saya pensiun? Akankah saya tidak penisun?  Saya merasa seperti seorang prajurit yang melayani klub dan negara. Keduanya selalu lebih penting, bahkan dari milik saya sendiri," ungkap Buffon seperti diceritakan kepada Der Spiegel.

Karena itulah, meski dia sudah pensiun nanti bukan berarti tidak bisa memberikan sumbangsiih kepada Juventus maupun Timnas Italia.  Dia akan siap jika keduanya memanggil dirinya kembali.

"Saya memang sudah pasti akan berhenti, tapi saya tetap siap jika dibutuhkan Juventus dan Timnas. Bahkan meski saya sudah berusia 80 tahun, dan tidak ada kiper yang bisa tampil kemudian mereka memanggil saya, maka saya akan kembali berlatih dan kembali turun ke lapangan," tegas dia.

53