Liga Inggris

Arsenal Terpuruk, Wenger Dituduh Terlalu Manjakan Sanchez dan Ozil

Senin, 1 Januari 2018 08:19 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Lanjar Wiratri
© getty images
Mesut Ozil dan Alexis Sanchez, dua bintang Arsenal. Copyright: © getty images
Mesut Ozil dan Alexis Sanchez, dua bintang Arsenal.

Legenda Arsenal, Martin Keown, mengkritik Arsene Wenger yang dianggap terlalu memanjakan dua pemain bintangnya, yakni Alexis Sanchez dan Mesut Ozil. Arsenal, hanya mampu meraih hasil imbang atas West Bromwich Albion 1-1 di matchday ke-21 Liga Primer Inggris, Senin (01/01/18), dini hari tadi.

Menurut Keown,The Gunners harusnya bisa lebih tegas dalam mengatasi kedua pemainnya ini. Pasalnya, Ozil dan Sanchez tak terlalu bermain apik di musim ini.

© INTERNET
Alexis Sanchez dan Mesut Ozil dalam laga melawan Barcelona (16/03/16). Copyright: INTERNETAlexis Sanchez dan Mesut Ozil dalam laga melawan Barcelona (16/03/16).

Terbukti jumlah gol Sanchez di musim ini hanya enam gol, berbeda dua gol dari juniornya, Alexander Lacazette, yang mengoleksi 8 gol. Sementara Ozil hanya mampu menciptakan 4 golnya, jumlah assists yang dihasilkan pemain Jerman ini juga berkurang di Liga Primer Inggris musim ini.

Diketahui, kontrak Alexis dan Ozil memang habis pada akhir musim 2017/2018 ini. Keown juga menuturkan bahwa Arsenal tampaknya harus menjual keduanya pada bursa transfer Januari mendatang.

Namun di sisi lain, Wenger masih membutuhkan keduanya sebagai ujung tombak lini depan Arsenal demi lolos ke Liga Champions musim depan.

“Saya yakin Wenger akan melihat kembali periode ini sebagai salah satu yang paling sulit dalam kariernya. Dia tahu dia butuh Alexis dan Ozil sampai akhir musim untuk membantu Arsenal kembali ke Liga Champions,” ujar Keown seperti dilansir dari laman Soccerway.

Keown menilai Wenger harus membuat kedua pemainnya ini bermain lebih baik lagi. Meski keduanya tampil tak maksimal, namun mantan pesepakbola brusia 51 tahun itu menilai menjual Ozil dan Alexis dengan harga murah pun dinilai  tak ada gunanya.

“Tak ada gunanya menjual keduanya pada bulan Januari dengan harga murah. Tapi, dia (Wenger) harus membuat mereka mengeluarkan penampilan terbaik, sambil berharap tim tidak terganggu dengan situasi keduanya.”

© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Eks pemain Arsenal, Martin Keown. Copyright: Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty ImagesEks pemain Arsenal, Martin Keown.

Kini, Arsenal berada di posisi kelima klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 38 pin, tertinggal tiga poin dari Liverpool yang berada di peringkat keempat alias zona Liga Champions.

“Arsenal hanya tertinggal tiga poin dari empat besar, tapi Anda bertanya-tanya di mana mereka akan berada jika keduanya berkomitmen penuh sampai akhir musim. Wenger sangat percaya pada pemainnya, tapi kasus Alexis dan Ozil, mereka terlalu keenakan. Hanya ketika mereka pergi, Arsenal bisa mengatasi masalah ini,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Alexis Sanchez akhir-akhir ini terus dirumorkan masuk daftar incaran Manchester City, sementara Ozil menjadi buruan Manchester United.

25