Liga Inggris

Kecewa dengan Wasit, Wenger Minta VAR Diterapkan di Liga Primer Inggris

Senin, 1 Januari 2018 06:32 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© Daily Mail
Arsene Wenger saat protes keputusan wasit. Copyright: © Daily Mail
Arsene Wenger saat protes keputusan wasit.

Arsene Wenger masih kecewa dengan hasil yang diraih Arsenal. Hasil imbang kontra West Bromwich, dalam pandangan Wenger, lebih karena kinerja wasit yang buruk. Dalam laga itu, kiper Petr Cech harus mendapat kartu kuning lantaran melakukan protes secara berlebihan kepada wasit Mike Dean usai memberikan hadiah penalti untuk West Bromwich.

Insiden tersebut berawal dari kesalahan Calum Chambers, yang tak sengaja melakukan handball di dalam kotak penalti, pada menit ke-89.

Kiper asal Republik Ceko pun langsung mengungkapkan kemarahannya kepada Dean. Dia menganggap insiden itu harusnya tidak penalti, karena tangan Chambers dalam keadaan tidak aktif.

© Daily Mail
Petr Cech protes karena diberikan kartu kuning. Copyright: Daily MailPetr Cech protes karena diberikan kartu kuning.

"Saya mendapat kartu kuning karena mengatakan ini harusnya tidak penalti. Saya juga mempertanyakan, mengapa ia (wasit) mengambil keputusan itu (penalti)," kata Cech kepada Sky Sport.

"Saya tidak melakukan atau mengatakan apapun yang kasar. Saya hanya bertanya, dan mereka sama sekali tidak menjawab apapun, sangat mengecewakan," kesalnya.

Selain Cech, kekecewaan terhadap kepemimpinan wasit juga dilontarkan oleh Arsene Wenger. Pelatih Arsenal itu, kesal dengan kartu kuning yang diberikan kepada kipernya, juga hadiah penalti untuk tuan rumah.

© Daily Mail
Arsene Wenger saat protes kepada wasit di tunel. Copyright: Daily MailArsene Wenger saat protes kepada wasit di tunel.

"Tidak ada masalah di Liga Primer, baik jadwal maupun wasit. Wasit di sini sudah profesional sejak beberapa tahun lalu tetapi levelnya tidak berubah," keluh Wenger kepada Sky Sport.

"Menurut saya, keputusan tadi 100 persen keliru. Sangat sulit untuk diterima. Ini bukan kali pertama. Membicarakannya bukan hal yang bagus, kami harus menerima," tambahnya.

Lebih lanjut, Wenger juga meminta agar teknologi video assistant referee (VAR) segera diterapkan di Liga Primer Inggris, untuk meminimalkan kesalahan wasit.

"VAR akan menciptakan perubahan. EPL ingin menjadi liga terbaik di dunia, sekarang waktunya menggunakan itu (VAR). Liga lainnnya sudah menerapkan," ungkapnya.

Teknologi VAR sendiri baru akan digunakan untuk kali pertama di laga kompetitif di Inggris, saat Crystal Palace dan Brighton and Hove Albion bertemu di Piala FA, pada Selasa (09/01/18).

89