Bola Internasional

Sama Seperti Persija, Selangor FA Ditolak Pakai Stadion Utama Malaysia

Selasa, 2 Januari 2018 13:36 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Agus Dwi Witono
© Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Halaman depan Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Copyright: © Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Halaman depan Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Stadion Nasional Bukit Jalil adalah stadion yang terletak di dalam Kompleks Sukan Negara Bukit Jalil, di sebelah selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion yang mampu menampung hingga 110.000 orang ini rumornya akan digunakan menjadi markas salah satu klub Malaysia, Selangor FA.

© INDOSPORT/Arum Kusuma Dewi
Tampak depan Stadion Bukit Jalil. Copyright: INDOSPORT/Arum Kusuma DewiTampak depan Stadion Bukit Jalil.

Asosiasi Sepakbola Selangor (FAS), memang berencana akan memakai SBJ sebagai markas di musim Liga Super Malaysia 2018 mendatang. Namun keinginan tim yang mewakili daerah Selangor Darul Ehsan itu banyak dikecam publik Malaysia.

Pasalnya, banyak yang menilai stadion lama yang dipakai Selangor, Stadion Selayang, dinilai lebih pantas untuk dijadikan kandang. Selayang juga dekat dengan markas Selangor sehingga penonton yang datang untuk mendukung bisa lebih banyak.

Eks pemain Selangor, Khalid Ali turut mengomentari masalah ini. “FAS harus ingat, Stadion Bukit Jalil tidak hanya untuk sepakbola, banyak cabang olahraga lain yang mau gunakan stadion itu,” ujarnya, dilansir media online Malaysia, Sinar Harian.

© The Star Online
Eks Selangor, Khalid Ali Copyright: The Star OnlineEks Selangor, Khalid Ali

“Saya khawatir kalau nanti ada pertandingan olahraga lain yang bentrok sama jadwal Selangor, siapa yang akan mengalah?” tambahnya.

Khalid meminta mantan klubnya itu untuk memikirkan kembali rencana yang akan mereka ambil. Khalid juga menimbang jika sebaiknya Selangor menggunakan stadion yang lama, Selayang.

“Lebih baik tetap di Selayang. Para pendukung Selangor yang datang banyak,” tuturnya. Jarak ke Stadion Selayang dari daerah yang menjadi markas Selangor memang berdekatan dibanding harus ke SBJ.

“Saya rasa banyak pendukung lebih mudah untuk menyaksikan pertandingan di Selayang karena suasananya akan lebih menyenangkan,” tutupnya.

Menanggapi banyaknya komentar soal permasalahan ini, Bos Selangor FA angkat bicara. Ia menilai jika ini tak usah dijadikan masalah karena timnya tidak main gratis disana.

“Buat mereka yang berdebat, kami (Selangor FA) main di sini kan tidak gratis, kami juga membayar sewa stadion,” jelas Datuk Abdul Rauf Ahmad.

© TWITTER
Datuk Abdul Rauf Ahmad, Presiden Selangor FA Copyright: TWITTERDatuk Abdul Rauf Ahmad, Presiden Selangor FA

“Tapi nanti bukan berarti stadion tersebut akan sepenuhnya terikat dengan Selangor, saya tahu ada olahraga lain yang akan menggunakan stadion. Dan kita sendiri sudah berkoordinasi dengan pihak stadion sehingga tak akan ada jadwal yang berbenturan nantinya,” tuturnya.

Kasus ini sama seperti tim asal Indonesia, Persija Jakarta. Persija yang sempat mengajukan untuk menjadikan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk dijadikan markasnya tak disetujui. Kini, calon kuat stadion yang akan digunakan Persija untuk menyongsong musim Liga 1 2018 mendatang adalah Stadion Singaperbangsa, Karawang, Jawa Barat.

4