Liga Indonesia

Inilah Alasan PSS Sleman Lakukan Tes Medis Dahulu ke Para Pemainnya

Rabu, 3 Januari 2018 20:39 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Arief Setiadi/Indosport.com
Skuat PSS Sleman. Copyright: © Arief Setiadi/Indosport.com
Skuat PSS Sleman.

Klub yang bermarkas di Yogyakarta, yakni PSS Sleman pada hari Rabu (03/01/18) siang tadi melakukan tes medis untuk para pemainnya. Tes medis atau medical check-up itu digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman.

Tes medis tersebut dihadiri oleh beberapa pemain yang sudah berada di Sleman seperti Rangga Muslim, Ega Risky, Slamet Budiono dan pemain musim lalu, yakni Wahyu Sukarta, Arie Sandy, Tedy Berlian, Achmad Hisyam Tole, Zamzani.

© Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat PSS Sleman. Copyright: Prima Pribadi/INDOSPORTSkuat PSS Sleman.

Menurut salah satu tim dokter RSUD Sleman dr. Fuad Cipto, serangkaian tes medis ini penting untuk tahu bahkan menjadi pendeteksi dini bagi kondisi setiap pemain PSS Sleman yang datang.

"Secara umum medical check-up menjadi early warning system bagi kondisi pemain untuk mengetahui sejauh mana kondisi pemain ikut serta dalam kompetisi," jelasnya seperti dilansir situs resmi klub.

© INDOSPORT/Prima Pribadi
PSS Sleman beruji coba dengan PSIS Semarang. Copyright: INDOSPORT/Prima PribadiPSS Sleman beruji coba dengan PSIS Semarang.

"Selain itu memberikan informasi mengenai tingkat kebugaran setiap pemain yang berbeda satu dengan lainnya sehingga berpengaruh pada latihan khusus ke para pemain." ungkapnya.

Di sisi lain, fisioterapis tim PSS Sleman Sigit Pramudya menuturkan kalau tes medis memang diperlukan sebuah klub agar tidak kecolongan mengontrak pemain yang memiliki riwayat cedera. Sehingga bisa merugikan klub.

"Tentunya medical check-up ini sangat penting untuk melihat riwayat cidera pemain di masa lalu yang mungkin tidak tertangani dengan baik. Hasil dari medical check-up akan kami serahkan ke manajemen dan tim pelatih sebagai bahan pertimbangan." terangnya.

6