Liga Spanyol

Kalahkan Real Madrid, Barcelona Raih Keuntungan Hak Siar Paling Banyak

Rabu, 3 Januari 2018 15:05 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Marca
Selebrasi skuat Barcelona di laga El Clasico Copyright: © Marca
Selebrasi skuat Barcelona di laga El Clasico

Pundi-pundi keungan Barcelona kembali bertambah, setelah menjadi klub yang paling banyak meraup uang dari profit hak siar La Liga Spanyol musim 2016/17, yang diumumkan pada Selasa (02/01/18).

Dilansir dari Marca, tim asal Catalan itu mendapat keuntungan terbanyak dengan mengantongi 146 juta euro atau setara Rp2,3 triliun.

Jumlah tersebut, berhasil mengalahkan rival abadinya, Real Madrid yang harus puas menempati urutan kedua, dengan mengantongi keuntungan 140 juta euro (Rp2,2 triliun).

Di posisi ketiga ada Atletico Madrid yang mendapatkan pembagian keuntungan dari hak siar sebesar 99 juta euro (Rp1,6 triliun).

© Marca
Daftar tim yang memperoleh keuntungan hak siar La Liga Spanyol. Copyright: MarcaDaftar tim yang memperoleh keuntungan hak siar La Liga Spanyol.

Selanjutnya ada Athletic Bilbao yang mendapatkan pembagian profit sebesar 71 juta euro (Rp 1,1 triliun). Sevilla berada di peringkat kelima dengan meraih profit sebesar €65 juta (Rp 1 triliun) di La Liga musim lalu. 

Bukan hanya La Liga Spanyol, klub-klub di Segunda Division atau kasta kedua Spanyol juga mendapatkan pembagian keuntungan. 

Besarnya keuntungan yang dibagikan kepada 22 klub kontestan itu mencapai 140 juta euro (Rp2,2 triliun). Rayo Vallecano merupakan klub yang mendapatkan pembagian profit hak siar terbesar dengan nilai 9 juta euro (Rp146 miliar).

105