Liga Indonesia

Bukan Hanya Pahami, Waketum PSSI Minta Regulasi Wajib Ditaati

Sabtu, 6 Januari 2018 12:42 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Regulasi anyar untuk Liga Indonesia musim 2018 kini masih dikaji oleh PSSI. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono sendiri mengungkapkan bahwa tak ada perubahan yang cukup signifikan dalam regulasi anyar musim ini jika dibandingkan dengan yang ada di musim 2017 lalu.

Regulasi anyar yang nantinya akan diumumkan oleh PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru nyatanya akan memperkuat sejumlah aspek yang sebelumnya sudah ada di regulasi musim lalu. Regulasi anyar ini akan lebih diperjelas yang bertujuan memberikan kemudahan dalam implementasi atau penerapannya. 

Meski begitu, Joko sendiri memiliki sejumlah harapan soal regulasi yang akan diterapkan bagi seluruh klub peserta Liga Indonesia, baik di Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan juga Liga 4. 

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Joko Driyono Saat acara manager meeting gts dengan 18 klub Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTJoko Driyono Saat acara manager meeting gts dengan 18 klub

"Kepastian soal penerapan regulasi, bagaimana narasi peraturan yang ada di regulasi akan mampu dipahami oleh para peserta dari kompetisi tersebut," kata Joko usai dihubungi oleh INDOSPORT.

Tak hanya itu, Joko sendiri juga menilai ketepatan waktu dalam penetapan regulasi dianggap penting olehnya. Itu mengapa soal perubahan ekstrim yang hendak diterapkan dalam setiap rencana pembentukan sebuah regulasi dianggapnya justru sebagai tindakan tak bijak. 

"Timing penerapan regulasi, tidak bijak makanya kalau perubahan ekstrim dilakukan dalam kurun waktu yang singkat," ungkap Joko soal salah satu hal penting dalam regulasi anyar Liga Indonesia musim ini.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTJoko Driyono meminta pihak-pihak yang terkait untuk tak hanya memahami regulasi anyar Liga Indonesia 2018, namun juga menaatinya.

Namun dari semua yang ia harapkan, Joko lebih menekankan lagi pada bagaimana regulasi yang nantinya akan dikeluarkan tak hanya perlu dipahami oleh pihak-pihak terkait, terutama klub-klub yang menjadi peserta liga, namun juga ditaati dalam penerapannya nanti. 

"Yang paling penting adalah regulasi tersebut ditaati. Regulasi sangat baik untuk dipahami, namun akan lebih baik lagi kalau ditaati," ungkapnya saat dimintai konfirmasi soal penguatan aspek dari regulasi laga musim 2018 yang belum juga diumumkan hingga kini. 

Di sisi lain, Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI akan melakukan Kongres Tahunan pada 13 Januari 2018 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang. Dalam kesempatan tersebut, PSSI juga dilaporkan akan melakukan Kongres Luar Biasa (KLB).

Dalam  Kongres Tahunan yang juga berlangsung pekan depan, Joko Driyono mengungkapkan PSSI yang rencananya akan membahas sejumlah agenda mengenai federasi terutama untuk 2018, serta pembahasan mengenai banyaknya event internasional yang digelar oleh PSSI sepanjang tahun ini.

137