Liga Indonesia

Gelar Kongres Tahunan dan KLB, Ini Agenda Utama PSSI

Jumat, 5 Januari 2018 15:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PSSI Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PSSI

Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI akan melakukan Kongres Tahunan pada 13 Januari 2018 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang. Dalam kesempatan tersebut, PSSI juga dilaporkan akan melakukan Kongres Luar Biasa (KLB).

Hal itu dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Dia menjelaskan bahwa pada pada KLB nanti PSSI akan memiliki agenda utama melakukan revisi statuta. 

Pembahasan utama untuk perubahan statuta tersebut di antaranya menyangkut sistem kompetisi, distribusi voter, kinerja Asosiasi Kota (Askot), dan Asosiasi Kabupaten (Askab), klub, lembaga terafiliasi seperti SSB dan akademi, serta jumlah komite tetap.

"Pada statuta yang ada saat ini bahasanya masih menggunakan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, dan sebagainya. Sementara itu kini kita sudah menggunakan Liga 1, Liga 2, dan Liga 3," ujar Joko Driyono.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Ratu Tisha, Joko Driyono, dan Gatot S. Dewa Broto. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTRatu Tisha, Joko Driyono, dan Gatot S. Dewa Broto.

"Artinya nanti bahasa yang berbeda dari statuta yang ada saat ini disesuaikan dengan kondisi terbaru. Jadi kita gelar KLB untuk melakukan perubahan statuta yang memang hanya bisa dilakukan melalui mekanisme kongres, sebelum akhirnya menggelar Kongres Tahunan," sambungnya.

Sementara untuk Kongres Tahunan yang juga berlangsung pekan depan, Joko Driyono mengungkapkan PSSI rencananya membahas sejumlah agenda mengenai federasi terutama untuk 2018. Dalam kongres itu juga akan dibahas mengenai banyaknya event internasional yang digelar oleh PSSI sepanjang tahun ini. 

19