Liga Indonesia

Kembangkan Bibit Muda, PSSI akan Siap Hadirkan Liga 1 U-16

Sabtu, 6 Januari 2018 13:20 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16 Jelang Kontra Timor Leste Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-16 Jelang Kontra Timor Leste

PSSI dikabarkan akan membentuk Liga 1 khusus untuk pemain dibawah usia 16 tahun atau U-16 pada 2019 mendatang. Kabar tersebut juga tak ditampik oleh Wakil Ketua Umum PSSI , Joko Driyono.

Bagi Joko, hal tersebut merupakan suatu langkah untuk memperdalam perencanaan untuk meraih prestasi para pemain U-16 dalam Piala AFF U-16 pada Juli mendatang, dan juga Piala AFC U-16 September mendatang.

© Herry Ibrahim/Indosport
Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono dalam sebuah jumpa pers. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportWakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono dalam sebuah jumpa pers.

Rencana dibentuknya Liga 1 U-16 dinilai oleh Joko sebagai langkah untuk jangka waktu panjang dalam mempersiapkan dan mengembangkan bibit pesepakbola muda Indonesia untuk kedepannya mengemban prestasi sepakbola tanah air di tingkat internasional.

"Anak-anak ini akan dikirimkan ke klub-klub Liga 1. Nantinya di sana PSSI yang akan mencoba mendorong dibentuknya akademi elite yang ada di klub-klub Liga 1. Ini akan menjadi dorongan untuk membentuk elite pro academy," ungkap Joko saat dihubungi INDOSPORT.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Waketum PSSI, Joko Driyono. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWaketum PSSI, Joko Driyono.

Soal mengapa Liga 1, Joko sendiri mengungkapkan alasan pribadinya. Hal itu ternyata menyangkut lisensi klub. Klub-klub tersebut nyatanya sudah harus dipersiapkan memiliki elite pro academy.

"Kenapa Liga 1?  Kita mendorong klub-klub untuk memenuhi persyaratan lisensi klub. Klub sudah harus didorong untuk membentuk elite pro academy," papar Joko soal alasannya merencanakan pengembangan bibit-bibit muda tersebut. 

18