Bursa Transfer

Rekap Rumor Transfer Nasional: PS TNI Seleksi Eks Everton, Mitra Kukar Gaet Striker Spanyol

Minggu, 7 Januari 2018 15:49 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Fernando Rodriguez Copyright: © Getty Images
Fernando Rodriguez

Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim depan, beberapa klub terus melakukan pembenahan dalam skuat mereka. Nama-nama pemain baru masuk dalam jejeran amunisi baru hingga proses seleksi yang terus dilakukan untuk mendapatkan pemain yang diinginkan.

PSMS Medan terus melakukan bongkar pasang untuk menyaring pemain yang sesuai untuk masuk dalam strateginya. beberapa nama pemain yang mengikuti seleksi dicoret, namun ada pula yang masuk dan dipertimbangkan.

Selain kedua klub tersebut, ada pula PS TNI yang juga masih melakukan seleksi untuk mendapatkan sosok pemain baru. Sementara Mitra Kukar yang usai mendatangkan mantan pemain akademi Manchester United dan Liverpool, Danny Guthrie, kini bersiap menyambut pemain Spanyol yang akan segera bergabung dengan mereka.

Terakhir ada pula Sriwijaya FC yang memutuskan untuk mencoret beberapa nama pemainnya. Klub berjuluk Laskar Wong Kito itu menjadi klub yang mungkin dapat dikatakan jor-joran mendatangkan para pemain baru, baik lokal maupun asing.

PSMS Medan

© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Sesi latihan PSMS Medan. Copyright: Kesuma Ramadhan/INDOSPORTSesi latihan PSMS Medan.

Pelatih PSMS Medan, Djajang Nurjaman sepertinya belum berhenti mengotak-atik pemain demi menemukan formasi yang tepat demi mengarungi ketatnya Liga 1 musim ini.

Dari pencoretan nama Andre Sitepu pemain berstatus seleksi yang pernah berkostum PSMS musim 2012, gagalnya Syakir merapat hingga kehadiran pemain baru sebagai sosok tepat pengganti Elthon Maran. Menurut pria yang akrab disapa Djanur ini, pencoretan nama Andre Sitepu dari skuadnya, tak lain karena pemain asal Kabanjahe itu tak mampu bersaing dengan pemain lain yang berposisi sama. 

"Ia Andre udah dicoret. Dia kalah bersaing dengan Dani, Wanda, Roni Fatahillah dan pemain yang baru bergabung, M Roby. Lagian kita juga gak mungkin mencoret pemain yang telah membawa PSMS ini lolos Liga 1," terang  Djanur, Sabtu (06/01/18) sore.

Sementara itu, eks Bali United, Syakir Sulaiman yang digadang-gadang bakal bergabung, harus batal karena tak kunjung memberi kepastian kepada tim pelatih.

"Kemarin katanya mau datang, tapi kita tunggu-tunggu gak muncul juga. Tapi saat ini kita lagi menunggu kedatangan satu pemain lokal lain," terang Djanur.

Nama yang dimaksud mantan Pelatih Persib Bandung ini ternyata Antoni Putro Nugroho. Mantan punggawa Timnas Indonesia U-23 ini menurut Djanur sosok yang tepat menggantikan posisi Aliazer Thoncy Elthon Maran atau biasa dipanggil Elthon Maran.

PS TNI

© Media PS TNI
Mauricio Arias pemain seleksi PS TNI. Copyright: Media PS TNIMauricio Arias pemain seleksi PS TNI.

PS TNI akhirnya membuka peluang bagi dua pemain asing untuk mengikuti seleksi sebagai persiapan menuju Liga 1 2018. Dua pemain asing yakni Mauricio Arias dari Chile dan Khairallah Abdelkbir dari Maroko. Keduanya kemungkinan besar akan diturunkan pada laga uji coba melawan klub Liga Premier Malaysia, UiTM FC pada Minggu (07/01/18) di Stadion Persikabo, Bogor.

"Untuk pemain seleksi terutama pemain asing ada Mauricio dan Khairallah. Saya akan memainkan mereka juga," ujar pelatih PS TNI, Rudy Eka Priyambada.

Rupanya Mauricio dan Khairallah Abdelkbir sudah beberapa hari mengikuti seleksi. Laga esok hari nampaknya akan menjadi penentuan bagi dua pemain asing itu apakah layak berseragam The Army atau tidak pada musim ini.

"Keduanya masih seleksi, besok akan dilihat di uji coba. Mereka sudah beberapa hari ikut seleksi dan mungkin besok kesempatan terakhir," urai media officer PS TNI, Nandang Permana Sidik.

Sebagai informasi, Khairallah Abdelkbir sejatinya bukan muka baru di sepakbola Indonesia, sebelumnya pemain 34 tahun itu pernah berseragam Bhayangkara FC pada Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016 lalu. 

Sementara itu, Mauricio Arias baru pertama kali mencoba peruntungannya di Tanah Air. Pemain 33 tahun itu berposisi sebagai bek dan sebelumnya pernah membela Everton yang merupakan konstestan kasta teratas Liga Chile, dan berstatus free transfer sejak 2016 lalu.

Mitra Kukar

© INDOSPORT
Fernando Rodriguez Copyright: INDOSPORTFernando Rodriguez

Di akun Instagram resminya, Mitra Kukar memberikan beberapa petunjuk mengenai sosok pemain asing anyar mereka. Clue yang paling menarik ialah pemain asal Negeri Matador yang akan bergabung ini pernah membobol gawang Barcelona.

Jika melihat dari berbagai petunjuk yang diberikan, sosok Fernando Rodriguez Ortega disebut-sebut sebagai pemain tersebut. Bukan tanpa alasan, karena berbagai petunjuk yang diberikan mengarah pada penyerang 30 tahun itu.

Fernando Rodriguez diketahui pernah memperkuat salah satu klub raksasa Spanyol, yakni Sevilla pada 2008 hingga 2009. Catatn manis yang pernah ditorehkan Rodriguez tentunya tatkala ia sukses mencetak gol ke gawang Barcelona di babak 32 besar Copa del Rey musim 2013-2014 lalu.

Membela Cartagena, pemain kelahiran 11 Maret 1987 itu membawa timnya unggul lebih dulu atas Tim Catalan. Blaugrana yang saat itu masih ditangani Tata Martino tak berkutik saat Rodriguez mencetak golnya di menit ke-15.

Sriwijaya FC

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Yanto Basna latihan di Sriwijaya FC Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTYanto Basna latihan di Sriwijaya FC

Bek tengah Sriwijaya FC Yanto Basna dikabarkan bakal hijrah ke tim lain. Tiga tim yang menjadi rumor tertarik menggunakan jasanya yakni Mitra Kukar, Persipura dan tim Thailand. Ketiga tim ini dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan pemain jebolan SFC U-21 itu.

Sekretaris Tim SFC Achmad Haris menambahkan bahwa satu pemain juga berpamitan dengan baik-baik saat di ruang ganti usai pertandingan. Menurut pengakuan Achmad, pemain yang pernah membela Persib Bandung itu akan meneruskan karirnya ke Liga Thailand.

“Tadi Basna juga berpamitan, katanya dia mendapatkan tawaran dan akan meneruskan karier di Liga Thailand. Kami ucapkan semoga sukses dan membawa nama baik Indonesia di sana,” jelasnya singkat.

Tiga pemain SFC berpisah dengan SFC dengan cara baik-baik. Bobby Satria, Gilang Ginarsa dan Yanto Basna menemui langsung manajemen dan berpamitan.

80