Liga Indonesia

TC di Yogyakarta, Borneo FC Gunakan Teknologi Canggih

Selasa, 9 Januari 2018 09:31 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Pusamania Borneo FC menggelar Training Camp (TC) di kota Jogja hingga sebulan kedepan. TC dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi Liga 1 musim ini.

Menjalani TC di Kota orang, ternyata tim asal Kalimantan itu menerapkan teknologi yang sangat canggih. Selama menjalani latihan, para pemain memakai chip khusus yang terintegrasi dengan GPS. Chip tersebut juga bisa mendeteksi detak jantung, serta mendeteksi kemampuan para pemain saat menjalankan program latihan yang diisyaratkan. 

Ketika mereka menggunakan Chip, sang Pelatih, Iwan Setiawan tidak perlu capek-capek ikut berlari memantau para pemain. Sang pelatih tinggal memantau pemain melalui smartphone yang digunakan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dalam smartphone itu bakal diketahui kemampuan masing-masing pemain. Tidak hanya itu saja laporan mengenai kondisi mereka juga tertampil secara rinci melalui smartphone sang pelatih. Data dari smartphone kemudian bisa digunakan untuk analisa sekaligus evaluasi mengenai perkembangan para pemain. 

"Akan diketahui juga jika ada pemain yang tidak berlatih secara sungguh-sungguh," ucap Iwan.

© Twitter@PusamaniaBorneo
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Copyright: Twitter@PusamaniaBorneoPelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Pihaknya menjelaskan Borneo FC adalah satu-satunya tim di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi tersebut. Sepengetahuan Dirinya belum ada tim lain yang mulai mengaplikasikan teknologi dalam materi latihan.

"Semoga dengan adanya hal ini, berimbas juga pada prestasi Borneo FC," ucapnya.

51