Liga Indonesia

Cerita Dua Pemain Muda Indonesia Jalani Latihan di Klub Spanyol

  • Dua talenta muda Indonesia, Syukran Arabia Samual dan Andrian Rusdianto kembali jalani latihan di klub Spanyol.
  • Syukran Arabia Samual menceritakan pengalamannya latihan di Spanyol.
Jumat, 12 Januari 2018 14:10 WIB
Editor: Isman Fadil
© Dokumen Pribadi.
Syukran Arabia Samual dan  Andrian Rusdianto. Copyright: © Dokumen Pribadi.
Syukran Arabia Samual dan Andrian Rusdianto.

Dua talenta muda Indonesia, Syukran Arabia Samual dan Andrian Rusdianto, tengah berada di Spanyol untuk melanjutkan karier di CDA Navalcarnero, klub yang bermarkas di Madrid.

Keduanya dikontrak selama 3 tahun dari klub yang kini menghuni posisi ke-5 klasemen sementara Grup 1 Segunda B Division. Kontrak ini didapatkan kedua pemain tersebut sejak Februari 2017.

"Saya sudah latihan di Spanyol mulai dari bulan Februari tahun lalu. Kebetulan puasa dan ada libur panjang jadi saya kembali ke Indonesia," tutur Syukran kepada INDOSPORT.

Selama hampir satu tahun latihan di Spanyol, Syukran mengungkapkan ada banyak kemajuan yang dia peroleh selama menjalani latihan di Negeri Matador.

© Istimewa
Syukran Arabia Samual dan  Andrian Rusdianto. Copyright: IstimewaSyukran Arabia Samual saat berlatih bersama CDA Navalcarnero.

"Selain fisik, disini sangat berpengaruh ke teknik. Kalau latihan di Indonesia lebih diunggulkan fisik, sementara di Spanyol lebih ke teknik. Pelatih disini juga menerapkan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Selama latihan, dia selalu mengatakan kepada saya untuk tetap fokus dan konsentrasi," lanjutnya.

Baik Syukran maupun Andrian mengakui ada rasa berat hati meninggalkan keluarga di Indonesia. Meski begitu, mereka enggan mengeluh demi karier lebih baik di masa depan.

© Istimewa
Syukran Arabia Samual dan  Andrian Rusdianto. Copyright: IstimewaSyukran Arabia Samual  saat berlatih bersama CDA Navalcarnero.

"Rasa berat meninggalkan keluarga pasti ada, tapi demi mencari pengalaman ya harus dijalani demi masa depan saya dan Adrian," pungkas pemuda yang memiliki impian memperkuat FC Barcelona tersebut.

Syukran dan Andrian sempat diseleksi saat berlaga di Barcelona Cup 2016 dan tergabung dalam Sepakbola Anak Indonesia (SBAI). Keduanya kemudian mendapatkan pantauan langsung dari talent scout Barcelona, Real Madrid, dan Getafe kala itu.