Liga Spanyol

Musim 2017/18, Real Madrid Klub Paling Irit di Eropa

Jumat, 12 Januari 2018 13:55 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Real Madrid
Real Madrid saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017. Copyright: © Real Madrid
Real Madrid saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017.

Rekor transfer dalam dunia sepakbola Eropa nampaknya tidak lagi menjadi hal yang istimewa bagi kita semua. Rekor demi rekor transfer dalam beberapa musim terakhir, terlihat sangat mudah dipecahkan.

Namun, meskipun rekor demi rekor terus dipecahkan hingga awal musim 2017/18 dengan kepindahan Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain, Real Madrid menjadi klub yang paling irit dalam urusan transfer. Cukup mengejutkan, klub yang disebut-sebut Los Galacticos itu menjadi klub paling sedikit berbelanja di jendela transfer musim 2017/18 ini.

Lebih dari 2 Miliar euro atau sekitar Rp31 Triliun sudah dihabiskan hanya dengan 13 klub, Los Blancos sendiri hanya menghabiskan 42,5 juta euro atau sekitar Rp674,2 Miliar. Dengan hanya total transfer musim ini sekecil itu, Real Madrid berada di urutan terakhir untuk pengeluaran klub mendatangkan pemain.

© marca.com
Data Belanja Klub Elit Eropa Copyright: marca.comData Belanja Klub Elit Eropa

Sungguh miris, mengingat Florentino Perez sebelumnya telah menghabiskan banyak uang untuk membangun sebuah tim yang terkenal dengan sebutan Galacticos. Galacticos merupakan skuat bertabur bintang dengan para pemain seperti Luis Figo, Zinedine Zidane, David Beckham, Ronaldo, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

© INDOSPORT
Gareth Bale, Striker Real Madrid. Copyright: INDOSPORTGareth Bale, Striker Real Madrid.

Namun, pembelian besar-besaran tersebut harus terhenti di Gareth Bale. Real Madrid yang sekarang merubah perhatian mereka kepada para pemain yang lebih muda dengan harga yang lebih murah.

Para pemain muda dengan harga yang lebih murah terlihat saat mereka mendatangkan Theo Hernandez dan Dani Ceballos pada musim panas lalu. Iritnya Real Madrid semakin terbukti saat data yang dilansir dari Marca, mereka hanya menghabiskan 84 juta euro untuk membeli pemain dalam dua musim terakhir.

5