Bola Internasional

Bulan Depan Berumur 51 Tahun, Pemain Jepang Ini Kembali Perpanjang Kontrak

Jumat, 12 Januari 2018 12:20 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Irfan Fikri
© Etsuo Hara/Getty Images
Kazuyoshi Miura berseragam Yokohama FC (Liga Jepang). Copyright: © Etsuo Hara/Getty Images
Kazuyoshi Miura berseragam Yokohama FC (Liga Jepang).

Mantan pemain Timnas Jepang, Kazuyoshi Miura, terus membuktikan bahwa usia bukanlah hambatan bagi karier sepak bola profesionalnya. Hal itu terbukti diusianya yang telah menginjak 51 tahun bulan depan, dirinya menandatangani kontrak baru bersama Yokohama FC berdurasi satu tahun ke depan.

Dengan beigtu, Miura menambah masa baktinya untuk Yokohama FC selama lebih dari satu dekade. Dirinya bergabung pertama kali dengan klub asal Jepang tersebut pada usianya yang ke-38.

Miura pun berhasil memecahkan rekor Stanley Matthews sebagai pesepakbola profesional tertua yang berhasil mencetak gol. Namun, dirinya bukanlah satu-satunya pemain tertua di dunia sepakbola.

Hanya mantan manajer New Brighton, Neil McBain yang mampu bermain pada usianya 51 tahun. McBain terpaksa pensiun setelah setengah abad lebih menjadi seorang kiper akibat cedera yang terus menimpanya.

Miura pun berpotensi melebihi rekor McBain sebagai pemain tertua di dunia. Dengan catatan, pemain yang dijuluki King Kazu tersebut tidak memutuskan pensiun pada tahun ini. Artinya, dirinya harus bermain hingga musim depan.

© nst.com
Kazuyoshi Miura berseragam Santos Copyright: nst.comKazuyoshi Miura berseragam Santos

Miura sendiri memang mengaku cinta terhadap sepakbola. Meski usianya yang sudah sangat tua, dirinya belum memikirkan untuk gantung sepatu. “Saya akan selalu memainkan hati saya dan berharap untuk terus tumbuh,” ujarnya, dikutip dari The Sun.

Penyerang veteran tersebut memulai kariernya bersama Santos pada tahun 1986 dan mengahabiskan beberapa tahun di Brasil sebelum kembali ke tanah kelahirannya. Dirinya juga sempat bermain untuk 13 klub berbeda, termasuk Genoa dan Dinamo Zagreb.  

Miura juga sempat meraih penghargaan Pemain Terbaik Asia Tahun 1993. Namun, secara mengejutkan dirinya dikeluarkan dari skuat Timnas Jepang pada Piala Dunia 1998. Padahal, King Kazu telah mencetak 14 gol untuk Samurai Biru lolos ke turnamen terakbar di dunia tersebut.

28