Liga Inggris

Jelang Lawan Man City, Klopp Dibayangi Kekalahan Memalukan

Minggu, 14 Januari 2018 15:40 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Getty Images
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat memberikan instruksi dari luar lapangan. Copyright: © Getty Images
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat memberikan instruksi dari luar lapangan.

Jurgen Klopp mengaku masih mengingat kekalahan memalukan yang diterima Liverpool atas Manchester City di Etihad Stadium pada pertemuan pertama Liga Primer Inggris. Pada laga tersebut, Liverpool harus menelan pil pahit usai kalah telak 0-5 dari pemuncak klasemen.

Liverpool harus menghadapi Manchester City dengan jumlah pemain yang lebih sedikit setelah Sadio Mane diusir wasit pada menit ke-37. Hal itu terjadi setelah Mane mengangkat kakinya terlalu tinggi sehingga membuat kiper Ederson Moraes terkapar.

Hasil ini pun membuat Liverpool menjadi tim raksasa Inggris pertama yang dikalahkan Manchester City pada musim 2017/18 ini. Kekalahan tersebut membuat mental Liverpool kian terpuruk.

Terbukti, The Reds tidak pernah menang di tiga laga berikutnya di semua kompetisi. Mereka bermain imbang 2-2 dengan Sevilla di Liga Champions, imbang 1-1 kontra Burnley, dan takluk 0-2 saat bertandang ke markas Leicester di Piala Liga.

© Anfield
Liverpool Copyright: AnfieldSadio Mane diusir dari lapangan.

“Ketika saya memikirkan laga hari Minggu ini, saya tak bisa melupakan pertemuan pertama melawan mereka. Itu mengubah musim untuk City dalam cara yang positif dan memberi kami pukulan kecil untuk beberapa hari dan pekan,” tutur Klopp, dilansir dari Soccerway.

Klopp sendiri menyayangkan adanya insiden yang melibatkan Mane dengan Ederson di pertengahan babak pertama. Menurutnya, insiden tersebut menjadi faktor utama atas kekalahan pahit Liverpool.

“Itu sangat tidak beruntung, pertandingannya berjalan terbuka kala itu. Tidak ada yang peduli dengan itu lagi, tapi itulah kebenarannya. Kami mendapatkan kartu merah, di tempat terburuk untuk kehilangan satu pemain,” tutupnya.