Liga Spanyol

Sociedad Pecundangi Barcelona di Babak Pertama

Senin, 15 Januari 2018 03:50 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Lionel Messi tidak dapat menutupi kekecewaannya usai Barcelona  kebobolan. Copyright: © Getty Images
Lionel Messi tidak dapat menutupi kekecewaannya usai Barcelona kebobolan.

Tampil sebagai tim tamu, Barcelona sejak menit awal langsung meninggikan ritme permainan. Ivan Rakitic yang didapuk sebagai motor serangan berhasil memberikan beberapa umpan berbahaya. Pada menit kedua, Luis Suarez berhasil menerobos ke jantung pertahanan Sociedad.  Beruntung kiper  tuan rumah, Geronimo Rulli berhasil mengamankan bola yang nyaris membahayakan gawangnya tersebut.

Mendapat tekanan, Real Sociedad bukan tanpa perlawanan. Illaramendi dkk beberapa kali memborbardir pertahanan Barca. Alhasil, Willian Jose sukses membuka keunggulan melalui sundulan di menit ke-11 setelah menerima umpan lambung dari Xabi Prieto.

© INDOSPORT
Luis Suarez berebut bola dengan pemain Real Sociedad Copyright: INDOSPORTLuis Suarez berebut bola dengan pemain Real Sociedad

Tertinggal dari tuan rumah, Barca kembali meningkatkan daya gempurnya. Sayang pertahanan tim tuan rumah terlalu kuat untuk dirobek Messi cs. Justru pada menit ke-33, Winger Real Sociedad, Juanmi mampu menambah keunggulan 2-0 setelah berhasil lolos dari perangkap offside. Sebelumnya Sociedad sejatinya bisa unggul 3-0, andai kata wasit tidak menganggap jatuhnya, Ivan Rakitic sebagai sebuah pelanggaran. Sepintas pemain asal Kroasia itu melakukan diving.

© Getty Images
Pencetak gol semata wayang, Juanmi, dikepung oleh Alves dan Busquets. Copyright: Getty ImagesPencetak gol semata wayang, Juanmi, dikepung oleh Alves dan Busquets.

Barcelona yang tertinggal dua gol mencoba bangkit dengan getol menyerang dari sisi sayap. Alhasil, pada menit ke-39, Playmaker asal Brasil, Paulinho sukses memperkecil ketertinggalan melalui sontekannya, usai menerima umpan silang dari Luis Suarez. Laga yang tinggal menyisakan 6 menit waktu normal itu dimanfaatkan kedua tim untuk saling bertukar serangan. Namun hingga turn minum, tim catalan dan Real Sociedad belum bisa menciptakan gol.

Susunan  Pemain Real Sociedad vs Barcelona

Real Sociedad (4-3-3): G.Rulli, Odriozola, Navas, Diego Llorente, Rodrigues, Xabi Prieto, Asier Illarramendi, David Zurutuza, Vabi Prieto, Willian Jose, Canales, dan Juanmi.

Pelatih: Eusebio Sacristan 

Barcelona (4-4-2): Marc-Andre ter Stegen, Sergi Roberto, Gerard Pique, Thomas Vermaelen, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Busquets, Andre Gomez, Paulinho, Luis Suarez, Lionel Messi.

Pelatih: Ernesto Valverde

2