Liga Inggris

Inilah Pemain Pertama yang Berhasil Cetak Gol Dibantu VAR di Liga Inggris

Rabu, 17 Januari 2018 14:30 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Abdurrahman Ranala
© BT Sport.
Kelechi Iheanacho saat cetak gol dibantu VAR. Copyright: © BT Sport.
Kelechi Iheanacho saat cetak gol dibantu VAR.

Penyerang Leicester City menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak gol, dengan bantuan teknologi Video Assistant Referees (VAR). 

Kejadian tersebut terjadi saat The Foxes menjamu klub kasta ketiga Liga Inggris, Fleetwood Town dalam laga lanjutan Piala FA, pada Rabu (17/01/18).

Berawal dari serangan balik cepat yang dilakukan oleh para pemain Leicester, Iheanacho sukses memanfaatkan umpan dari aksi individu Riyad Mahrez, menjadi sebuah gol dengan sepakan terukurnya.

© Daily Mail
Kelechi Iheanacho saat cetak gol dibantu VAR. Copyright: Daily MailKelechi Iheanacho saat cetak gol dibantu VAR.

Sayang, gol tersebut dianggap tak sah oleh hakim garis, karena menganggap posisi mantan pemain Man City itu sudah terperangkap offsideAkan tetapi, hal tersebut tidak langsung disepakati oleh wasit, Jonathan Moss yang memimpin laga.

Jonathan terlebih dahulu berkomunikasi dengan dengan ofisial video Mike Jones, sebelum akhirnya memutuskan gol tersebut akhirnya sah. Alasannya, karena kaki belakang dari bek Fleetwood Town menjaga Iheanacho tetap dalam posisi onside.

© Internet
Wasit Jonathan Moss mengesahkan gol Kelechi Iheanacho. Copyright: InternetWasit Jonathan Moss mengesahkan gol Kelechi Iheanacho.

Dengan kejadian ini, Iheanacho disebut sudah mencatat sejarah dengan jadi pemain pertama, dalam sepakbola Inggris yang mencetak gol melalui bantuan VAR. Laga ini sendiri dimenangkan oleh Leicester dengan skor akhir 2-0.

Ini adalah kali ketiga VAR telah digunakan sebagai percobaan di sepakbola Inggris. Sebelumnya teknologi reply tersebut juga digunakan pada laga Brighton vs Crystal Palace di Piala FA, dan Chelsea vs Arsenal di Piala Carabao.

1.1K