Liga Indonesia

Alasan Persib Bandung Tak Ingin Ada Wasit Asing di Liga 1 2018

Jumat, 19 Januari 2018 20:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuad Persib Bandung pada laga pembukan Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuad Persib Bandung pada laga pembukan Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

Pada putaran kedua Liga 1 musim lalu, federasi sepakbola Indonesia, PSSI, memutuskan untuk memakai wasit asing. Keputusan itu diambil setelah banyak keluhan dari berbagai pihak terkait mutu pengadil lapangan yang dinilai mengecewakan. Lantas bagaimana dengan liga pada musim baru nanti?

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan tersebut, manajer Persib Bandung, Umuh Muchar kemudian memberikan jawaban yang tidak diduga. Dirinya dengan tegas menolak jika PSSI kembali mempekerjakan wasit asing. Baginya kualitas pekerja asing itu tidak jauh berbeda dengan wasit lokal yang ada.

© © PERSIB.co.id
Wasit asal Australia, Evans Shaun Roberts dibantu dua rekannya Copyright: © PERSIB.co.idWasit asal Australia, Evans Shaun Roberts sempat bertugas di Liga 1.

"Malu juga wasit asing dipakai. Kita masih bisa cetak dan masih harus lihat mana yang harus bisa naik level. Lebih baik kalau bisa pakai lokal saja," ucap Umuh.

"Itu (pemakaian wasit asing) juga menghaburan biaya, buktinya wasit asing juga tidak menguntungkan, bahkan lebih buruk dari wasit kita di musim kemarin," sambungnya.

Pernyataan Umuh tersebut tentu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi musim lalu. Ketika ada rencana penggunaan wasit asing, Persib Bandung adalah salah satu tim yang sangat antusias, sebelum akhirnya juga menyesalkan beberapa keputusan pengadil asing itu.

© Gita Agiet/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: Gita Agiet/INDOSPORTManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar tidak ingin ada lagi wasit asing di Liga 1.

Salah satu momen kekesalan Persib Bandung pada kepemimpinan wasit asing adalah saat laga melawan Persija Jakarta,  3 November 2017 lalu di Stadion Manahan, Solo.  Ketika itu wasit Evans Shaun Robert yang bertugas membuat keputusan kontroversial. Wasit asal Australia itu tidak menganggap sundulan Ezechiel N'Douassel di menit ke-28 berbuah gol, padahal bola sudah masuk ke dalam gawang dan menyentuh jaring.

139