Bola Internasional

Semangat Leganes! 4 Tim Ini Raih Gelar Juara dengan Status Kuda Hitam

Kamis, 25 Januari 2018 16:32 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Deretan klub-klub kuda hitam yang mampu meraih gelar juara. Copyright: © Getty Images
Deretan klub-klub kuda hitam yang mampu meraih gelar juara.

Ajang Copa del Rey 2017/18 yang baru saja menyelesaikan laga perempatfinal saat ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, salah satu tim bertabur bintang yang dijagokan, Real Madrid kandas.

Bila Anda berpikir yang mengalahkan Los Blancos adalah tim sekelas Barcelona atau Atletico Madrid, Anda salah besar. Nyatanya, klub yang menjadi mimpi buruk Cristiano Ronaldo dkk. adalah Leganes.

Pada leg pertama babak perempatfinal yang berlangsung di Estadio Municipal de Butarque pada 19 Januari 2018 lalu, Leganes sempat diragukan bisa ke semifinal setelah kalah tipis 0-1.

© INDOSPORT
Aksi selebrasi para pemain Leganes setelah berhasil kalahkan Real Madrid dengan skor 2-1. Copyright: INDOSPORTAksi selebrasi para pemain Leganes setelah berhasil kalahkan Real Madrid dengan skor 2-1.

Namun, seolah mendobrak anggapan miring, Gabriel Pires dkk sukses memenangkan leg kedua di Santiago Bernabeu pada Kamis (25/01/18) dini hari dengan skor 2-1. Hasil tersebut membuat mereka melangkah ke semifinal karena unggul agresivitas gol tandang.

Kemenangan tersebut pun membuat Leganes menjelma menjadi sosok tim kuda hitam, yang memiliki peluang untuk meraih gelar juara, yang sudah tidak pernah mereka rasakan sejak 1993 silam, kala menjuarai Segunda Division B (kasta kedua kompetisi sepakbola Spanyol).

Meskipun tidak memiliki pemain-pemain berlabel bintang seperti Lionel Messi, Gareth Bale, atau Antoine Griezmann, Leganes mendadak muncul sebagai jagoan baru meski dengan status kuda hitamnya.

Sejarah sendiri mencatat sudah berkali-kali tim berstatus hitam mampu membuat kejutan dengan menjuarai berbagai kompetisi yang sebelumnya dikuasai klub-klub bermaterikan pemain bintang.

Berikut INDOSPORT sajikan sejumlah momen dalam sepakbola dimana tim kuda hitam sukses meraih gelar juara: