Bola Internasional

Pelatih yang Sukses Bawa Belanda ke Final Piala Dunia, Jadi Pelatih Baru Australia

Kamis, 25 Januari 2018 14:02 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
© AP Photo
Bert Van Marwijk. Copyright: © AP Photo
Bert Van Marwijk.

Masih ingat nama Bert Van Marwijk? Pelatih berambut putih yang sukses membawa Belanda sampai ke Final Piala Dunia 2010 sebelum akhirnya dikalahkan Spanyol 1-0, kini dipercaya menukangi Tim Nasional Australia. Marwijk akan memimpin pasukan Socceros itu sampai gelaran piala dunia 2018 usai.

Dipercayanya pelatih yang terakhir menukangi Tim Nasional Saudi Arabia ini, mengalahkan nama-nama tenar seperti Roberto Mancini, Marcelo Bielsa, Jurgen Klinsmann, Slaven Bilic and Louis van Gaal.

Dengan waktu kurang dari lima bulan, Marwijk diharapkan Football Federation Australia (FFA) bisa menyiapkan skuatnya dengan baik untuk menghadapi Perancis di laga pembuka Piala Dunia 2018. 

"Kami datang ke Rusia bukan hanya untuk menjadi kompetitif, saya ingin memenangkan pertandingan," pernyataan Marwijk dalam perkenalan pertamanya sebagai pelatih Australia.

Marwijk melanjutkan, dirinya sudah mengenal banyak pemain yang menghuni skuat Australia saat ini, karena dirinya pernah dua kali menghadapi Australia pada kualifikasi piala dunia saat masih menangani Arab Saudi.

"Saya juga sangat kagum dengan apa yang dibuat FFA untuk mengembangkan Tim Nasional dalam beberapa tahun ini," ungkapnya.

© twitter
Van Marwijk bersama Steven Lowy Copyright: twitterVan Marwijk bersama Steven Lowy

Dikesempatan yang sama FFA chairman Steven Lowy menyatakan bahwa perekrutan Marwijk merupakan pencapaian yang baik buat Australia.

"Bert Van Marwijk adalah pelatih kelas dunia. Dia membawa Belanda melaju ke final piala dunia 2010. Dia sukses memimpin Saudi Arabia lolos langsung dalam kualifikasi (piala dunia) tahun ini. Dan yang paling penting dia banyak tahu dengan pemain (Australia) karena dirinya pernah menjadi pelatih di negara yang menjadi lawan Australia di kualifikasi," terangnya.

Penunjukan Marwijk saat ini juga sekaligus melanjutkan jejak pelatih-pelatih Belanda yang dipercaya menukangi Australia. Setelah sebelumnya ada Guus Hiddink yang memimpin Australia tampil impresif di Piala Dunia 2006, dan Pim Verbeek yang melatih Australia rentang  2007-2010.

98