Liga Indonesia

Alami Benturan Keras, Awan Setho Harus Absen Sepekan

Minggu, 28 Januari 2018 13:12 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Penjaga gawang Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo terus menunjukkan perkembangan baik pascabenturan keras di kepala. Awan kini harus istirahat sepekan untuk pemulihan cedera.

Awan sempat terkapar setelah mengalami benturan dengan bomber FC Tokyo, Diego Oliveira pada awal babak 2 laga 2018 J.League Asia Challenge in Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Bahkan Awan harus dilarikan ke rumah sakit Angkatan Laut dr Mintoharjo, Jakarta Pusat.

Didampingi Dokter Tim Bhayangkara FC, dr. Alfan Nur Ashyar dan fisioterapi Aditya Prameswara Ardhi, Awan langsung mendapatkan perawatan intensif dari dokter spesialis bedah saraf kepala dan leher serta radiologi. Sederet pemeriksaan intensif pun dilakukan. Mulai dari foto rontgen kepala, leher, dada, Head CT Scan, hingga MRI 3D pada bagian kepala dan leher Awan.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Tendangan pemain Bali United, Stefano Lilipaly (tengah) digagalkan kiper Bhayangkara FC, Awan Setho (kanan). Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimTendangan pemain Bali United, Stefano Lilipaly (tengah) digagalkan kiper Bhayangkara FC, Awan Setho (kanan).

"Pada pemeriksaan awal di lapangan, Awan mengeluhkan sesak napas dan kesemutan pada bagian wajah dan kedua tangannya. Awan juga mendapatkan pendarahan di area mulut. Dilakukan tindakan life saving dengan dugaan head and neck injury. Juga ada kecurigaan trauma cervical (saraf belakang leher). Saat di ambulans, Awan tetap dalam kondisi sadar dan tanda vital masih bagus. Sesampai di UGD, Awan pun mengeluhkan kesemutan pada kedua kaki," papar dr. Alfan.

Dia melanjutkan, "Setelah itu dilakukan koordinasi dengan tim medis Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Mintohardjo. Awan langsung ditangani dokter UGD, spesialis bedah saraf dan radiologi. Pada pukul 23:00 WIB, dari hasil pemeriksaan dan koordinasi dengan dokter bedah saraf dan radiologi, kami menyampaikan bahwa kondisi Awan secara keseluruhan aman." 

Rasa kesemutan yang dirasakan Awan, menurut dr. Alfan, kemungkinan terjadi karena sisa benturan yang membuat sistem saraf agak terganggu di awal. Hard neck collar juga sudah diganti dengan soft neck collar. Pagi ini, kondisi Awan pun terus membaik. Dan, untuk proses pemulihan, Awan butuh kurang lebih 1 pekan.

"Tidak ada permasalahan pada tulang kepala, leher, dan dada, saraf, otot, paru-paru, serta jantung Awan dalam kondisi yang baik. Pendarahan pada area mulut pun sudah teratasi. Rasa kesemutan pada beberapa bagian tubuh yang sebelumnya dirasakan pun sudah hilang. Saat ditinggal pukul 00:00 WIB, Awan hanya mengeluhkan nyeri pada wajahnya yang besar kemungkinan akibat dari sisa benturan," tambah mantan Dokter Tim Timnas U-19 dan U-16 Indonesia itu.

Selain dr. Alfan dan Aditya, dalam masa pemeriksaan dan perawatannya, Awan pun didampingi CEO Bhayangkara FC Irjen Pol Royke Lumowa, pelatih kiper Bhayangkara FC Maulana Hasanudin, rekan-rekan pemain Bhayangkara FC, dan keluarga yang langsung datang dari Semarang, Jawa Tengah.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Manajer BFC, AKBP Sumardji saat jumpa pers jelang Laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTManajer BFC, AKBP Sumardji saat jumpa pers jelang Laga Bhayangkara FC vs Persija Jakarta.

"Sebelum kami tinggal, Awan juga sudah mampu berkomunikasi dengan lebih baik," terang Maulana.

Lebih lanjut, manajer tim Bhayangkara FC AKBP Sumardji memohon bantuan doa untuk Awan. 

"Kondisinya kini sudah semakin baik. Kami mohon bantuan doa bagi Awan. Kamu kuat, Awan," ujar AKBP Sumardji.

Saat ini, skuat Bhayangkara FC sendiri sudah tiba di Malang, Jawa Timur. The Guardian bersiap menghadapi laga terakhirnya di Grup E Piala Presiden 2018 kontra Arema FC. Hasil laga itu sendiri menentukan langkah Bhayangkara FC di edisi ke-3 Piala Presiden.

104