Bola Internasional

Melebarkan Sayap, 'Anak Emas' Timnas Thailand Ini Gabung Klub Jepang

Kamis, 1 Februari 2018 17:06 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© mtutd.info
Teerasil Dangda ketika membela Muangthong United Copyright: © mtutd.info
Teerasil Dangda ketika membela Muangthong United

Seluruh pecinta sepakbola tanah air pasti sangat mengenal dengan sosok striker Thailand bernama Teerasil Dangda. Penyerang berusia 29 tahun ini merupakan mimpi buruk timnas Indonesia pada Piala AFF 2016 silam.

Pada saat itu, ia berhasil memberondong gawang Kurnia Meiga selama 3 kali pada babak penyisihan grup. Kemudian, pemain yang pernah menjalani trial bersama Manchester City ini juga membawa negaranya tersebut menjuarai ajang bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

© INTERNET
Teerasil Dangda selebrasi usai mencetak gol ke gawang Indonesia pada menit ke-33. Copyright: INTERNETTeerasil Dangda selebrasi usai mencetak gol ke gawang Indonesia pada menit ke-33.

Terbaru, Teerasil Dangda kembali membuat kejutan dengan bergabung bersama klub asal Jepang bernama Sanfreece Hiroshima. Menurut laman transfermarkt.com, ia menandatangani kontrak peminjaman selama 10 bulan ke depan dan akan kembali ke klub aslinya, yaitu Muangthong United pada Desember 2018 mendatang. Namun, klub yang musim lalu berada di posisi ke-15 J1 League ini juga mempunyai opsi untuk membelinya secara permanen.

Sanfreece Hiroshima sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu klub terbaik di Jepang. Mereka pernah menjuarai Liga sebanyak 2 kali berturut-turut pada musim 2011/2012 dan 2012/2013. Kemudian, klub yang kini dilatih oleh Hiroshi Jofuku ini juga pernah merasakan peringkat ketiga pada Piala Dunia antar klub tahun 2015 silam. Sejarah tersebut membuat Teerasil Dangda diklaim berada di tim yang bermental juara.

Sejatinya, Teerasil Dangda merupakan salah satu pemain yang sangat dikagumi dan menjadi inspirasi para anak muda di Thailand. Hal itu disebabkan dengan prestasinya, baik pribadi maupun bersama dengan tim nasional Gajah Putih.

Tercatat, ia pernah bergabung bersama dengan Manchester City pada tahun 2008 silam. Kemudian, penyerang satu ini juga merasakan atmosfir kerasnya liga Spanyol bersama UD Almeria di 2014 lalu.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETTeerasil Dangda saat bergabung dengan klub UD Almeria

Sejauh ini, Muangthong United menjadi klub terlama yang dibela oleh sang striker. Di sana, ia berhasil mencetak 116 gol dari 257 penampilan sejak tahun 2007. Konsistensi penampilannya tersebut ternyata menular ke timnas Thailand. Bersama dengan negaranya tersebut, Teerasil Dangda berhasil membukukan 91 laga dan mencetak 42 gol.

324