Bursa Transfer

Rekap Transfer: 4 Pemain Arsenal yang Dijual di Bursa Transfer Musim Dingin

Sabtu, 3 Februari 2018 01:40 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Lanjar Wiratri
© Man United
Alexis Sanchez resmi ke Man United. Copyright: © Man United
Alexis Sanchez resmi ke Man United.

Selama bursa transfer musim dingin dibuka, Arsenal telah berhasil memboyong tiga pemain yang berasal dari klub berbeda, yakni Aubameyang, Henrikh Mkhitaryan dan Konstantinos Mavrapanos. Total, klub asal kota London tersebut mengeluarkan uang sebesar 65,85 juta euro atau setara Rp1,1 triliun.

Akan tetapi, Arsene Wenger juga melakukan transaksi penjualan 4 pemainnya yang dianggap tidak akan mendapatkan tempat di tim utama. Lantas, siapa sajakah pemain yang dilepas oleh The Professor?

Theo Walcott

© INDOSPORT
Theo Walcott resmi berseragam Everton. Copyright: INDOSPORTTheo Walcott resmi berseragam Everton.

12 tahun membela The Gunners, Theo Walcott akhirnya memutuskan untuk menerima pinangan dari Everton. Klub yang berasal dari kota Merseyside itu membayar jasa sang pemain asal Inggris dengan harga 22,5 juta euro atau setara Rp370 miliar. Di Goodison Park, pria berusia 28 tahun ini dikontrak selama 3,5 tahun.

Theo Walcott sepertinya memang sudah tidak betah berada di Emirates lantaran kesulitan untuk menembus di tempat utama skuad asuhan Arsene Wenger tersebut. Di paruh awal musim saja, mantan pemain Southampton ini hanya bermain sebanyak 8 kali di Liga Primer Inggris.

Francis Coquelin

© en.as.com
Coquelin menjadi pemain baru Valencia Copyright: en.as.comCoquelin menjadi pemain baru Valencia

Pemain selanjutnya yang dijual oleh Arsene Wenger adal Francis Coquelin. Pria berusia 26 tahun ini meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan klub asal Spanyol bernama Valencia. Kedua pihak menyetujui biaya transfer di angka 14 juta euro atau setara Rp234 miliar.

Sama seperti Walcott, pemain asal Prancis ini juga pindah lantaran tidak mendapatkan jatah bermain yang cukup. Sepanjang paruh pertama liga Inggris, Coquelin hanya bermain sebanyak tujuh kali di Liga Primer Inggris dan semuanya berawal dari bangku cadangan.

Alexis Sanchez

© INDOSPORT
Alexis Sanchez tampak fokus dengan akan melewati pemain Yeovil Town. Copyright: INDOSPORTAlexis Sanchez tampak fokus dengan akan melewati pemain Yeovil Town.

Sanchez merupakan pemain yang paling heboh diperbincangkan pada bursa transfer Januari lalu. Mantan penggawa Barcelona ini pindah karena pihak klub tidak menyetujui kenaikan gaji yang diinginkan olehnya. Oleh karena itu, Arsene Wenger lebih suka untuk menjualnya dari pada kehilangan secara gratis pada akhir musim.

Saga transfer tersebut berakhir ketika Manchester United bersedia untuk memberikannya gaji sebesar 500 ribu euro/pekan atau Rp8,3 miliar. Sebagai gantinya, Mourinho menyerahkan Mkhitaryan sebagai bagian dari persetujuan kedua belah pihak. Siapakah yang diuntungkan?

Olivier Giroud 

© INDOSPORT
Olivier Giroud saat menyaksikan Chelsea melawan Bournemouth. Copyright: INDOSPORTOlivier Giroud saat menyaksikan Chelsea melawan Bournemouth.

Di hari akhir bursa transfer, Arsenal membuat kejutan dengan menjual Olivier Giroud ke Chelsea seharga 18 juta euro atau setara Rp300 miliar. Kepastian tersebut terjadi karena mereka telah berhasil mendapatkan jasa pemain asal Gabon yang bermain di Borussia Dortmund, yakni Pierre-Emerick Aubameyang.

Kepindahan pemain asal Prancis tersebut sangatlah beralasan mengingat ia harus tampil reguler demi mendapatkan satu tempat di timnas untuk Piala Dunia 2018 mendatang. Namun, akankah mantan pemain Montpellier tersebut berada di tim utama mengingat ada nama Morata di kubu the blues?

91