Liga Indonesia

Jelang ke Jepang, Pelatih Timnas U-16 Panggil 25 Pemain di TC Tahap II

Selasa, 6 Februari 2018 15:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Thailand U-16. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Thailand U-16.

Timnas Indonesia U-16 akan bertanding di turnamen Jenesys (The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth) di Jepang tanggal 6-15 Maret 2018 mendatang. Untuk itu, pelatih Fakhri Husaini bersiap melakukan pemusatan latihan tahap kedua di 2018 yang rencananya digelar pada minggu ketiga bulan ini. 

Fakhri menegaskan ia akan fokus pada empat materi utama seperti fisik, teknik, taktik, dan mental lantaran dirinya ingin semua anak asuhnya bisa memiliki pondasi kuat sebagai pesepakbola. Hal itu sangatlah penting mengingat tahun ini Timnas U-16 akan berpartisipasi dalam Piala Asia pada September 2018 mendatang di Malaysia dan juga Piala AFF.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini tampak serius pantau anak asuhnya sedang jalani latihan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTFakhri Husaini tampak serius pantau anak asuhnya sedang jalani latihan.

“Ada empat aspek (fisik, teknik, taktik, dan mental) yang akan terus kami latih dan perbaiki di pemusatan latihan kali ini. Saya ingin pemain bisa memahami karena ini merupakan salah satu pondasi penting dalam persiapan kami mengikuti beberapa ajang di tahun ini,” tutur Fakhri.

Pada pemusatan latihan tahap kedua nanti, Fakhri sudah menyiapkan sejumlah nama yang akan dipanggil. Berbeda dengan pemusatan latihan Januari 2018  lalu yang melibatkan 30 pemain, kali ini Fakhri hanya menyertakan 25 pemain. Dalam kesempatan itu, pelatih 52 tahun itu juga akan mencari pemain baru yang dipersiapkan sebagai pelapis tim utama.

“Rencananya, TC (Training Center) periode kedua akan kami adakan pada minggu ketiga bulan Februari 2018. Kami masih akan terus mencari pemain baru lagi. Karena saya masih belum mendapatkan pemain pelapis tim utama,” katanya. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini menunjukan formasi kepada anak asuhnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTFakhri Husaini menunjukan formasi kepada anak asuhnya.

"Kami akan memanggil 25 orang pemain pada TC tahap kedua kali ini. Untuk nama-namanya, akan kami beritahu kemudian. Saat ini saya dan tim pelatih masih memastikannya terlebih dahulu,” sambung Fakhri.

Pada pemusatan latihan Januari lalu, Fakhri menilai Timnas U-16 yang ada saat ini masih banyak memiliki kekurangan. Lini depan dan pertahanan menjadi sorotan utama ketika itu, maka di training center tahap dua nanti, hal itu harus dibenahi seiring dengan keinginan mencari pemain baru.

185