In-depth

Alasan-Alasan Masuk Akal Mengapa Pesepakbola Melakukan Diving

Rabu, 7 Februari 2018 16:02 WIB
Penulis: Gerry Crisandy | Editor: Isman Fadil
© Ilustrasi: electriceasel.co.uk
Ilustrasi Diving Copyright: © Ilustrasi: electriceasel.co.uk
Ilustrasi Diving

Keputusan kontroversial wasit Jon Moss membuat Liverpool gagal meraih kemenangan di Stadion Anfield pada pekan ke-26 Liga Inggris saat ditahan imbang Tottenham Hotspur 2-2, Senin (05/02/18) WIB.

Menit akhir waktu tambahan babak kedua, gelandang Tottenham Hotspur Erik Lamela dijatuhkan oleh pemain bertahan Liverpool Virgil van Dijk. Pengadil lapangan menunjuk titik putih, yang tidak disia-siakan untuk kali kedua oleh Harry Kane. Peluit akhir dibunyikan, Liverpool terpaksa berbagi angka dengan Spurs.

“Saya melihatnya (Lamela) datang di saat akhir dan saya mencoba menahan kaki saya, ia hanya menarik tubuhnya ke depan bola dan terjatuh,” ujar Van Dijk mengenai insiden tersebut. Pemain Belanda ini berpendapat bahwa Lamela melakukan diving.

Pelatih Tottenham Hotspur, Maurichio Pochettino juga angkat bicara mengenai diving, yang membuat salah satu pemainnya Dele Alli ditunjukkan kartu kuning di pertandingan yang sama. Pelatih Argentina tersebut merasa bahwa diving adalah bagian dari sepakbola, taktik yang digunakan untuk mengelabui musuh. Meskipun, Pochettino mengakui Alli pantas diganjar kartu kuning.

© Getty Images
Dele Alli mendapatkan kartu kuning karena diving melawan Liverpool (2018) Copyright: Getty ImagesDele Alli mendapatkan kartu kuning karena diving melawan Liverpool (2018)

Diving bukanlah hal baru dalam dunia sepak bola. Kontroversi ini mengundang perdebatan hingga kini. Diving, khususnya ketika hal tersebut merugikan tim yang kita dukung, merupakan sesuatu yang rasanya harus segera dihapuskan dalam sepakbola. “Beri saja hukuman sepuluh pertandingan!” pekik penggemar merasa timnya dirugikan.

Bagaimanapun, meski adanya ancaman kartu kuning yang menanti para pelaku yang tertangkap mata wasit, nyatanya masih banyak pemain yang melakukan simulasi untuk mendapatkan keunggulan.

Mengapa pemain mengambil resiko untuk melakukan diving? INDOSPORT merangkum alasan-alasan mengapa pesepakbola kerap melakukan diving: