Bursa Transfer

Dengan Nilai Fantastis, Klub China Berpeluang Boyong Lionel Messi

Rabu, 7 Februari 2018 15:38 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Lionel Messi selebrasi usai cetak gol Copyright: © Getty Images
Lionel Messi selebrasi usai cetak gol

Kabar mengejutkan datang dari klub Liga Super China, Hebei China Fortune, yang dilaporkan berminat memboyong Lionel Messi dari Barcelona.

Sebelumnya, Hebei sendiri telah mendatangkan beberapa pemain Argentina lainnya, seperti Ezequiel Lavezzi, termasuk mantan rekan setim Messi di Barca, Javier Mascherano.

Kedua pemain tersebut dikenal sebagai teman dekat Messi, yang akan dimanfaatkan klub untuk merayu dan meyakinkan pemiliki 5 kali Ballon d'Or itu hijrah ke China.

© Internet
Skuat Hebei China Fortune. Copyright: InternetSkuat Hebei China Fortune.

Dilansir dari media ternama Spanyol, Mundo Deportivo, klub yang dilatih oleh Manuel Pellegrini itu tengah menyiapkan dana untuk melakukan mega transfer, dengan mengaktifkan klausul pelepasan Messi sebesar 700 juta euro atau setara Rp11,7 triliun musim panas nanti.

Musim panas lalu, Hebei juga telah berupaya untuk mendatangkan Messi dengan mahar 100 juta euro setara Rp1,6 triliun. Namun, ditolak dan ia memilih untuk memperpanjang kontrak dengan Blaugrana hingga 2021.

Akan tetapi, mereka tak menyerah dan terus mengejar tanda tangan Messi, salah satunya dengan mengaktifkan klausul pelepasannya, yang kemungkinan dibantu danai oleh Presiden China, Xi Jinping.

Seperti diketahui, Jinping memang dikenal gila sepakbola, dan berambisi kalau negara terpadat di dunia itu harus menjadi kekuatan sepakbola global.

© Internet
Presiden China, Xi Jinping. Copyright: InternetPresiden China, Xi Jinping.

Masih dalam laporan Mundo Deportivo, salah satu pengamat ekonomi di China mengatakan, mendatangkan Messi adalah sebuah investasi yang akan berdampak positif, bukan hanya dalam dunia sepakbola melainkan juga perekonomian untuk negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal tersebut terbukti, karena baru-baru ini nama pemain berusia 30 tahun itu dinobatkan sebagai salah satu pesepakbola paling populer di China, mengalahkan Cristiano Ronaldo, dan Wayne Rooney. 

Bersama Barcelona sendiri, pemilik nomor punggung 10 itu telah bermain sebanyak 617 pertandingan, dan telah mencetak 534 gol, serta 243 assist di semua kompetisi.

1.3K