Bola Internasional

Pelatih PSG: Sepakbola Harusnya Berterima Kasih pada Klub-Klub Kaya

Kamis, 8 Februari 2018 21:20 WIB
Editor: Gerry Crisandy
© Associated Press
Unai Emery dan Neymar. Copyright: © Associated Press
Unai Emery dan Neymar.

Pelatih PSG Unai Emery percaya dunia sepak bola seharusnya berterima kasih kepada klub-klub yang berlimpah harta seperti tim yang ditukanginya dan Manchester City. 

Alasannya, dengan kehadiran tim-tim yang memiliki kekuatan finansial besar ini, dominasi oleh tim-tim seperti Barcelona dan Real Madrid mulai terancam.

Presiden La Liga Javier Tebas sebelumnya pernah mengancam untuk mengadukan dua tim kaya tesebut (PSG dan Manchester City) yang didukung oleh masing-masing keluarga kerajaan Qatar dan Abu Dhabi kepada Persatuan Uni Eropa karena metode pembiayaan mereka. Tebas juga membandingkan rekor transfer PSG 222 juta Euro untuk pembelian Neymar dengan 'buang air dari papan loncatan'.

Selain Neymar, PSG juga menikung Barcelona dan Real Madrid dalam perburuan pemenang Golden Boy 2017, Kylian Mbappe. Mbappe telah bergabung dengan PSG sebagai pemain pinjaman dan akan resmi bergabung dengan PSG musim depan dengan biaya yang dilaporkan sebesar 180 juta Euro.

© INDOSPORT
Neymar dan Kylian Mbappe. Copyright: INDOSPORTNeymar dan Kylian Mbappe.

"(Real) Madrid dan Barcelona menginginkan Kylian (Mbappe), tapi PSG memiliki kekuatan untuk mempertahankannya di klub Perancis dan saya pikir transfernya terjadi karena alasan olahraga dan bukan karena alasan finansial, dan ini adalah sesuatu yang baru di dalam orde Eropa yang baru," ujar Emery kepada media Spanyol, Marca.

"Klub-klub melihat kerajaan mereka berada dalam ancaman (dari PSG) dan (Manchester) City, yang merupakan tim dengan kapasitas finansial baru. Saya pikir ini baik untuk sepak bola, bahwa ada tim-tim baru ini. Semua orang harusnya bersyukur.

PSG yang saat ini memimpin Ligue 1 Perancis dengan keunggulan 11 poin akan bermain dengan juara bertahan Liga Champions Eropa Real Madrid dalam babak 16 besar pekan depan.

Emery juga berterima kasih kepada pemilik klub Nasser Al-Khelaifi karena telah membantu PSG mengikuti contoh Barcelona dan Real Madrid dalam menggelontorkan dana untuk memboyong pemain-pemain terbaik dunia.

© INDOSPORT
Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi dan pemain barunya Neymar. Copyright: INDOSPORTPresiden PSG, Nasser Al-Khelaifi saat pengumuman transfer Neymar.

"Saya selalu mengingat hal ini dengan Real Madrid, pembelian Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, James Rodriguez. Dan Barcelona melakukannya juga, membayar klausul pelepasan Rivaldo, dan kita sekarang melihat kapasitas finansial ini di Perancis," tambah mantan pelatih Sevilla ini.

"Saya pikir ini baik untuk negara ini, yang seharusnya berterima kasih kepada investasi dari Qatar untuk memastikan pemain-pemain terbaik datang ke sini."

368