Liga Indonesia

Jelang Liga 1, Bos Persib Ingin Kompetisi Indonesia Terapkan Teknologi Canggih

Jumat, 9 Februari 2018 12:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Gita Agiet/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: © Gita Agiet/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Gelaran Liga 1 2017 rencananya akan bergulir pada awal Maret 2018 mendatang. Untuk itu banyak pihak berharap kompetisi musim baru nanti berjalan lebih bagus dari tahun lalu. Tak terkecuali bos Persib Bandung, Umuh Muchtar yang tercatat sebagai manajer Maung Bandung.

Umuh yang telah bebas dari sanksi PSSI sejak Januari lalu mengatakan pengelola kompetisi di Indonesia sudah mulai melibatkan teknologi dalam pertandingan liga. Haji Umuh mencontohkan penggunaan goal-line technology atau teknologi garis gawang yang belakangan mulai diterapkan di Eropa.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1Logo Liga 1 akan berlangsung pada Maret 2018 mendatang.

Meski demikian, Umuh tidak memaksakan hal itu dan percaya pengelola kompetisi Indonesia punya cara tersendiri memajukan sepakbola Tanah Air.

"Harusnya teknologi garis gawang membantu kita dan bisa digunakan dan itu ada yang maengaturnya. Saya hanya berharap yang terbaik saja, kita tidak harus bertentangan, ayo bersama untuk kebaikan," ucapnya.

"Semoga musim depan ini lebih baik di kompetisi, semoga aman, dan lebih tertib. Kemudian ada perubahan yang akan lebih baik untuk semua masyatrakat, jadi Indonesia lebih berkibar soal sepakbolanya," imbuhnya.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTManajer Persib Bandung, Umuh Muchtar berharap kompetisi di Indonesia sudah mulai gunakan teknologi canggih.

Di sisi lain, kick off Liga 1 dilaporkan kembali mengalami perubahan jadwal. Jika sebelumnya direncanakan dibuka tanggal 3 Maret, maka kali ini akan mundur hingga seminggu setelahnya atau tanggal 10 Maret. Hal itu disebabkan pihak pengelola kompetisi, PT Liga Indonesia Baru, tengah mengupayakan sponsor dan pihak televisi untuk bekerja sama.

"Bukan faktor Pilala Gubernur Kaltim kami memutuskan untuk mengundur jadwal. Kami saat ini tengah mengupayakan sponsor dan pihak televisi untuk bekerja sama," ujar Tigorshalom Boboy selaku direktur kompetisi.

Dengan belum dimulainya kompetisi Liga 1, klub peserta pun masih terus disibukkan dengan beragam kegiatan mulai pemusatan latihan hingga mengikuti kejuaraan pramusim. Salah satu turnamen yang akan berlangsung dalam waktu dekat adalah Piala Gubernur Kaltim yang diikuti delapan klub pada 18 Februari hingga 4 Maret 2018.

148