Bola Internasional

Bali United 1-3 Yangon United: Serdadu Tridatu Tumbang di Markas Sendiri

Selasa, 13 Februari 2018 16:32 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bali United vs Yangon United. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bali United vs Yangon United.

Babak Pertama

Bali United menjamu klub raksasa Myanmar, Yangon United, dalam laga perdana kedua tim dalam partai kulifikasi Grup G Piala AFC 2018 di Stadion kapten I Wayan Dipta. Bermain di hadapan ribuan pendukungnya, Bali United mampu mengurung pertahan lawannya tersebut di menit-menit awal pertandingan. Sementara itu Yangon hanya bermain di daerah sendiri dan mengandalkan serangan balik untuk  mencetak gol.

Dalam laga ini, kedua tim juga memperagakan permainan keras. hal itu terbukti bahwa pemain dari kedua kesebelasan sering terjatuh akibat tekelan-tekelan keras yang dilakukan antar ke dua tim tersebut. 

Memasuki menit ke 12, Yangon berhasil keluar dari tekan permainan yang dilakukan oleh pemain-pemain Bali Unted. Yangon melakukan insiatif serangan demi serangan ke jantung pertahan Bali United.

Alhasil, memasuki menit ke 15, Yangon berhasil unggul 1-0 berkat gol yang dilesakkan oleh Uzochukwu Emmanuel. Sepakan pemain asal Nigeria itu mengenai mistar gawang namun sudah melewati garis gawang.

Berselang  3 menit kemudian, Yangon berhasil menggandakan keunggulanya lewat pemain Sekou Sylka setelah berdiri bebas untuk menyundul  bola di depan gawang Bali United. 

Belum puas unggul 2-0, Yangon kembali mencetak gol saat pertandingan memasuki menit ke 25 melalui gol Sekou Sylla. Ini merupakan gol kedua dari penyerang asal Republik Guinea tersebut, striker Yangon tersebut berdiri bebas untuk melakukan tendangan keras yang menjebol gawang Bali United.  

Setelah unggul 3-0, Yangon kian tampil percaya diri dan mengepung pertahanan Bali United. Mereka kembali mendapat peluang di menit ke 40. Sayangnya tendangan dari pemain Yangon berada tipis di sisi kanan kiper Bali United. 

Memasuki menit ke 45, Bali United mencoba tampil menyerang di sisa detik detik akhir pertqandingan babak pertama.  Akhirnya Bali United mampu memperkecil ketinggalan 1-3 melalui kapten Bali United, Sukadana setelah menyambar  bola liar yang berada di daerah kotak penalti Yangon United.
 

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Bali United mulai mengambil inisiatif penyerangan untuk mengejar ketinggalan 1-3 dari tim asal Myanmar tersebut. Namun acap kali pemaipemain Bali United cenderung terburu-buru dalam melakukan serangan ke jantung pertahanan Yanon United.

Pada menit ke 54, Bali United mendapatkan peluang memlalui sundulan pemainnya. Namun tandukan bola yang ia lakukan masih jatuh dipelukan kiper Yangon.

Tak mau terus ditekan, Yangon mencoba keluar untuk tampi menyerang hal hasil pada menit ke 56, Sekou Sylla mendapat peluang melalui tembakan kerasnya dari luar kotak penalti yang masih berada tipis di atas tiang gawang. 

Memasuki menit ke 65, Bali United nyaris memperkecil ketinggalan melalui Hanis Sagara. Pemain yang masuk menggantikan I Nyoman Sukarja itu melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun sayangnya bola masih berada  tipis di tiang kanan gawang Yangon United.

Memasuki menit ke 69, Yangon kembali mengambil insitaif searangn. Hal hasil pada menit le 70, pemain Yangon United Uzochukwu Emmanuel  nyaris memperbesar keunggulan andai tendangan kerasnya tidak dihalang oleh bek Bali United. 

Setelah itu, Bali united kembali menemukaan rtime pertandingan mereka. Pada menit ke 74, Sagara kembali melepaskan tendangan keras namun masih tipis diatas gawang Yangon United.

Memasuki menit 82, Bali United berpeluang untuk memperkecil ketinggalan karena mendapat hadiah penalti. wasit menunjuk titik putih setelah pemain Yangon United dianggap melakukan handsball saat terjatuh di dalam kotak penalti timnya sendiri. Namun Kevin Brands yang menajdi Algojo penalti tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan bola dari titik putih yang dilakukan sang pemain justru berada di sisi kanan kiper Yangon United.

Memasuki menit ke 90, Tambahan waktu lima menit diberikan oleh wasit. Di lima menit akhir, Yangon menurunkan tempo permainan dan berusaha untuk menahan bola lebih lama. Para pemain Yangon terlihat mengulur-ulur waktu. hal itu terbukti bahwa pemain Bali United, Kevin Brands terpancing dengan menjatuhkan pemain Yangon United.

Hingga peluit panjang dibunyikan, kedua tim tidak berhasil menambah gol. kedudukan akhir 1-3. Hasil ini membuat Bali United untuk sementara menghuni dasar klasemen Grup G Piala AFC 2018.