Liga Indonesia

Liga Belum Bergulir, Persipura Depak Striker Timnas Senegal

Kamis, 15 Februari 2018 19:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© africatopsports
Pemain baru Persipura, Pape Ndaw. Copyright: © africatopsports
Pemain baru Persipura, Pape Ndaw.

Pemain baru Persipura Jayapura asal Senegal Pape Abdoulaye Ndaw akhirnya resmi dipulangkan oleh manajemen klub pada Rabu (14/02/18) sore kemarin.

Pemain dengan tinggi 197 cm ini dipulangkan oleh Persipura bukan karena regulasi saja, tetapi dia dianggap kurang mampu bersaing dengan para pemain lokal.

© Info Persipura
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano. Copyright: Info PersipuraKetua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano.

“Pape didatangkan ke tim ini tidak langsung masuk tetapi kita lihat dulu kualitasnya, dan laporan pemantau di lapangan pemain tersebut kalah bersaing dengan anak-anak Papua,” kata Benhur Tommy Mano.

Benhur juga mengatakan kalau siapapun pemain asing yang datang harus jauh lebih baik ketimbang pemain lokal yang ada. Sehingga pemain asing terbaru yang dimaksud jatuh pada dua eks Sriwijaya FC, Hilton Moreira dan Abdoulaye Youssouf Maiga.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persipura Jayapura. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersipura Jayapura.

“Para pemain lokal Persipura itu tidak usah diragukan skill dan fisiknya. Jadi kalau ada pemain asing yang datang, kemudian sama dengan mereka terpaksa kita harus cari penggantinya," jelas Benhur.

"Contohnya seperti Abdoulaye Youssouf Maiga sudah datang pagi ini dan hari Sabtu nanti Hilton Moreira akan datang juga”, tambah pria 54 tahun ini.

Sekadar informasi Abdoulaye Youssouf Maiga juga terpaksa dipulangkan lantaran kompetisi teratas Senegal tidak termasuk dalam verifikasi strata kompetisi Liga 1 Indonesia.

 

Dengan telah keluarnya Draft Regulasi Kompetisi Liga 1 Indonesia, ada hal penting yang menjadi perhatian bagi Manajemen Persipura terutama Pelatih Persipura Jayapura Peter Butler. Dari banyaknya peraturan yang tertuang di dalam, paling akhir dari draft tersebut ada lampiran verifikasi pemain asing. Persipura Jayapura yang kedatangan pemain Pape N’daw asal Senegal terancam tidak bisa memperkuat klub kebanggaan masyarakat Papua ini lantaran negaranya tidak termasuk dalam Verifikasi strata kompetisi Liga 1 Indonesia. Manajemen yang dalam waktu dekat juga ingin mendatangkan pemain asal Ghana dan Botswana hasil rekomendasi Pelatih akhirnya terkendala. “2 pemain asing lagi belum bisa didatangkan karena regulasi yang sudah ditetapkan, negara mereka tidak termasuk dalam list yang terverifikasi tetapi kita akan komunikasi kembali ke pihak liga”. Ujar Bento usai latihan tadi. Bento juga berharap PT.Liga bisa menginformasikan kembali secepatnya agar Manajemen bisa mengambil langkah-langkah apa yang harus diambil. NB : apabila ada pemain yang pernah bermain sebelumnya dan tidak termasuk di dalam list tersebut bisa lebih mudah dalam pengurusannya.

A post shared by persipurapapua1963 (@persipurapapua1963) on

Selain itu ada sekitar lima negara Afrika yang boleh bermain untuk Liga 1 2018, yakni Tunisia, Mesir, Kongo, Aljazair, dan Sudan. Itu pun pemain tersebut harus bermain di kompetisi tertinggi dari lima negara tersebut