Liga Indonesia

Putar Balik Strategi, Ini Penjelasan Pelatih PSM Makassar

Kamis, 15 Februari 2018 10:49 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© PSM Makassar
Uji coba PSM Makassar melawan Bali All Star (Hitam corak putih) & Pespa FC (Hitam corak hijau) di Lapangan Seminyak, Bali (14/2/18). Copyright: © PSM Makassar
Uji coba PSM Makassar melawan Bali All Star (Hitam corak putih) & Pespa FC (Hitam corak hijau) di Lapangan Seminyak, Bali (14/2/18).

Hasil yang lumayan positif berhasil didapatkan oleh tim PSM Makassar kala mereka beruji coba di Lapangan Banteng, Seminyak, Bali pada Rabu (14/02/18). Pada uji coba ini, mereka menguji kekuatan dari tim Bali All Star dan Pespa FC.

Uniknya, Pelatih PSM, Robert Rene Alberts justru membalik skuatnya untuk melawan kekuatan yang berbeda dari lawannya. Tim lapis kedua mereka dipertandingan dengan Bali All Star yang mayoritas diisi oleh pemain lokal dan asing berpengalaman di Liga Indonesia. Sebalinya, tim utama mereka justru bermain dengan klub divisi tiga, Pespa FC.

Saat ditanya mengenai hal tersebut, Robert pun menerangkan bahwa dirinya kini sedang fokus untuk mengembangkan para pemain muda mereka. Itu alasannya mengapa ia membalikkan strategi susunan skuatnya untuk menghadapi lawan yang dianggap lebih menyulitkan untuk Tim B dan lawan yang lebih mudah untuk Tim A.

Hasilnya pun cukup memuaskan, Tim A berhasil menang dengan skor telak 5-1, dan Tim B bermain imbang 2-2 melawan para pemain yang mayoritas lebih berpengalaman dari mereka.

© Arif Rahman
Robert Rene Albert Copyright: Arif RahmanRobert Rene Albert

"Kita ada dua pertandingan hari ini, 2x90 menit yang melibatkan dua lapis tim kita, pertandingan pertama meski lawannya senior, kita fokus ke tim mudanya kita, terlihat lawan cukup tangguh karena diisi pemain berpengalaman di Indonesia," ujar Robert usai uji coba.

"Tim kedua kita adalah pemain senior kita, kita melawan tim yang berada di divisi tiga," sambungnya.

87