In-depth

4 Fakta Mencengangkan UMS, Klub Etnis Tionghoa Tertua di Indonesia

Jumat, 16 Februari 2018 16:08 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Union-Makes-Strength. Copyright: © INDOSPORT
Union-Makes-Strength.

Sejarah sepakbola Indonesia mencatat Tanah Air sempat memiliki sebuah klub sepakbola yang anggotanya terdiri para pemain beretnis Tionghoa. Bahkan klub tersebut dikenal sebagai salah satu tim tertua yang ada di Indonesia hingga kini. 

Klub tersebut adalah UMS yang memiliki kepanjangan Union Makes Strength. UMS sendiri memiliki sejarah panjang dalam perhelatannya di dunia sepakbola Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda dulu.

© Internet
Sepakbola UMS Copyright: InternetSepakbola UMS

Tak ayal jika mereka memiliki hubungan yang begitu erat dengan perkembangan sepakbola Tanah Air. Perjalanan mereka mengarungi waktu menorehkan banyak momen maupun pengalaman yang seiring melangkah bersama tumbuhnya sepakbola di Indonesia.

Terlebih lagi, UMS sendiri mampu menjadi salah satu klub besar yang dikenal bersaing cukup ketat dengan sederet klub di Indonesia kala era perjuangan dulu. Mereka pun menjadi salah satu klub yang diakui punya kualitas mumpuni. 

Sederet prestasi berhasil ditorehkan oleh UMS dan hal itu yang kemudian membuat klub tersebut mampu bertahan untuk tetap ada seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, terutama kemajuan di bidang dunia sepakbola. 

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum sederet fakta soal UMS sebagai klub dengan pemain beretnis Tionghoa tertua yang ada di Indonesia hingga saat ini:

213