Liga Indonesia

3 Hal yang Harus Dicontoh Persib Bandung dari Persija Jakarta

Selasa, 20 Februari 2018 12:53 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung dan Persija Jakarta. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Persija Jakarta baru saja memenangkan Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (17/02/18) lalu. Persija berhasil menjadi juara usai menang dengan skor 3-0 atas Bali United di babak final Piala Presiden.

Dalam laga final tersebut, Persija yang mendapat dukungan langsung dari suporter setia mereka, The Jakmania, tampil dengan beringas sepanjang 90 menit. Dengan bertumpu pada Marko Simic di lini depan, Persija seringkali membahayakan lini pertahanan Bali United, khususnya di babak kedua.

Tidak hanya di laga final, Macan Kemayoran memang tampil konsisten sepanjang Piala Presiden 2018. Mereka mampu mencukur habis PSMS Medan dengan skor 5-1 dalam dua leg semifinal Piala Presiden sebelum melaju ke babak final.

Penampilan yang konsisten dan atraktif Persija Jakarta tentunya tidak terjadi begitu saja. Tidak ada yang instan di dunia sepakbola, semuanya harus melalui proses yang cukup panjang, seperti yang dilakukan oleh Persija dan manajemen.

Proses kebangkitan Persija ini pun sudah sepatutnya ditiru oleh klub-klub Liga Indonesia lainnya, khususnya Persib Bandung. Oleh karena itu, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa hal yang bisa ditiru Persib dari Persija.