Liga Indonesia

3 Momen Indah Persib Bandung dalam Sejarah Sepakbola Indonesia

Minggu, 25 Februari 2018 15:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Momen Persib Bandung saat juara Liga Indonesia 2014. Copyright: © INDOSPORT
Momen Persib Bandung saat juara Liga Indonesia 2014.

Persib Bandung merupakan salah satu klub besar dalam sejarah sepakbola Indonesia. Klub yang didirikan pada tanggal 14 Maret 1933 itu telah mewarnai sepakbola Indonesia selama 84 tahun dan masih terus eksis hingga saat ini.

Menjadi salah satu klub besar di Indonesia hingga saat ini, Persib saat ini disejajarkan dengan klub-klub besar lainnya seperti Persija Jakarta, PSM Makassar, PSMS Medan dan Persebaya Surabaya. Persib dan keempat tim tersebut disebut-sebut sebagai tim klasik yang sudah memeriahkan sepakbola Indonesia sejak lama.

Seperti semua klub besar yang ada di dunia sepakbola, Persib Bandung ternyata tidak selalu berada di kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Bahkan pada 1978 silam, tim kebanggaan Kota Bandung itu harus degradasi ke Divisi I (kasta kedua saat itu) karena penampilan buruk mereka sepanjang musim tersebut.

Persib Bandung berhasil kembali promosi ke Divisi Utama setelah 5 tahun berada di Divisi I. Setelah itu, Persib sangat jarang turun kembali ke kasta kedua kancah sepakbola Indonesia. Persib pun semakin dikenal sebagai salah satu klub kebesaran dari Bandung yang juga beberapa kali membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

Namun, keberuntungan Persib di kancah internasional harus diakui kurang bagus ketimbang mereka bermain di liga domestik. Oleh karena itu, INDOSPORT berusaha membeberkan sejumlah momen indah Persib Bandung dalam sejarah sepakbola Indonesia.