Liga Indonesia

Fakhri Husaini Masih Terapkan Promosi Degradasi di Timnas U-16 Sebelum Piala Asia

Jumat, 2 Maret 2018 18:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini mengatakan masih akan melakukan seleksi pemain sebelum bergulirnya Piala Asia U-16 pada 20 September-7 Oktober 2018 mendatang di Malaysia. Artinya masih ada peluang promosi dan degradasi bagi pemain, sebab pelatih 52 tahun itu menginginkan hanya ada 24 pemain terbaik di skuatnya.

Fakhri menjelaskan jika dia butuh 24 pemain yang kualitasnya sama rata karena tidak ingin ada kesejangan di skuat utama maupun pemain yang disiapkan sebagai pengganti. Lantaran saat ini ia baru mempunyai kerangka tim dengan 14 pemain diantaranya kemungkinan besar sudah aman pososinya di Timnas U-16.

© Zainal Hasan/Indosport.com
Suasana Latihan Timnas U-16 di hari pertama TC II. Sebanyak 25 pemain mengikuti TC kali ini. Namun untuk hari ini belum dipimpin Coach Fakhri Husaini yang belum tiba dari Bontang. Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comSuasana Latihan Timnas U-16 di hari pertama TC II. Sebanyak 25 pemain mengikuti TC kali ini.

"Saya akan gunakan waktu sekitar enam bulan untuk coba pantau pemain-pemain lain untuk diberi kesempatan seleksi. Karena untuk tampil di Piala Asia saya butuh 20-24 pemain yang sama kualitasnya," kata Fakhri.

Kendati demikian, Fahkri itu enggan bergantung kepada 14 pemain tersebut. Karenanya selama beberapa bulan ke depan tim pelatih Timnas U-16 akan terus berusaha mencari komposisi terutama untuk pemain tambahan sehingga melengkapi kuota 24 pemain yang diharapkan.

"Kerangka tim saya sudah punya, ada sekitar 14 pemain. Tentu saya tak bisa menggantungkan nasib dengan ke-14 pemain ini. Saya berharap waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk tambahan yang lain," tutupnya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Uji coba Timnas U-16 vs Patriot Candrabhaga Bekasi. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTUji coba Timnas U-16 vs Patriot Candrabhaga Bekasi.

Saat ini Timnas Indonesia U-16 sedang menjalani pemusatan latihan yang diikuti 25 pemain. Hal tersebut dilakukan karena skuat asuhan Fakhri Husaini itu akan mengikuti Turnamen Jenesys pada 8-12 Maret mendatang di Jepang.

Sebagai salah satu cara untuk beradaptasi pada kejuaraan di Jepang, para pemain Timnas U-16 yang dipanggil juga dibekali keterampilan khusus, yakni pengenalan budaya dan Bahasa Jepang oleh The Japan Foundation.