Liga Inggris

Bukan Uang, Klopp Ungkap Keuntungan Usai Lepas Coutinho

Sabtu, 3 Maret 2018 14:45 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Jurgen Klopp menunjukan wajah cerah menang atas Leicester City dengan skor 2-1. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klopp menunjukan wajah cerah menang atas Leicester City dengan skor 2-1.

Para penggemar Liverpool tentunya sempat dikejutkan dengan transfer Philippe Coutinho ke Barcelona pada awal tahun ini. Tak hanya pendukung setia Liverpool, beberapa pihak lainnya juga sempat mempertanyakan keputusan Coutinho ini.

Kepergian Coutinho ini meninggalkan lubang yang cukup dalam bagi Liverpool. Pasalnya, mantan pemain Inter Milan tersebut merupakan bintang lapangan yang dimiliki Liverpool dalam beberapa tahun terakhir.

Kendati demikian, pelatih Jurgen Klopp mengaku bahwa Liverpool mendapatkan keuntungan setelah melepas Coutinho. Hal tersebut bukan tentang uang, mengingat harga yang disodorkan Barcelona sangat fantastis.

Menurut Klopp, para pemain Liverpool lebih bertanggung jawab atas permainan setelah kepergian Coutinho. Sebab, anak asuh Klopp tersebut kerap kali bergantung pada Coutinho di setiap pertandingan.

© INDOSPORT
Philippe Coutinho, pemain megabintang Liverpool. Copyright: INDOSPORTPhilippe Coutinho saat membela Liverpool.

"Coutinho adalah pemain yang sangat dominan dalam permainan kami. Ketika kami tidak melakukan yang terbaik, kami sering memberinya bola. Saya tidak yakin apakah itu bagus atau tidak, selalu seperti ini saat Phil tidak bermain. Kami harus melakukan pekerjaan dengan cara berbeda. Untuk memberi tanggung jawab kepada para pemain,” ujar Klopp.

© INDOSPORT
Philipe Coutinho beraksi saat melawan Girona. Copyright: INDOSPORTPhilipe Coutinho beraksi saat melawan Girona.

Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut mengaku sangat senang dengan apa yang diperlihatkan anak asuhnya saat ini. Karena para pemain tak menunjukkan sikap ketergantungan kepada Coutinho.

"Sekarang sudah beberapa minggu saya senang dengan reaksi anak-anak. Mereka telah melangkah maju, orang berpikir jika kehilangan satu pemain, keseluruhan bangunan akan jatuh. Saya tidak percaya akan hal ini," tutupnya, dikutip dari Sport Smole.

424