Liga Indonesia

Hadapi Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Terancam Tak Dilatih Luis Milla

Rabu, 7 Maret 2018 13:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Akhir tahun nanti tepatnya pada November, Tinnas Indonesia akan kembali berpartisipasi pada ajang internasional yakni gelaran Piala AFF 2018. Akan tetapi, ada kabar kurang mengenakkan yang lantas menghampiri Skuat Garuda. Timnas Indonesia dilaporkan kemungkinan tidak dilatih pelatih saat ini, Luis Milla.

Bocoran tersebut disampaikan oleh COO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy, Selasa (06/03/18) malam. Ia menjelaskan jika mendapat kabar tersebut saat berdiskusi dengan PSSI tentang jadwal kompetisi Liga 1 yang ditenggarai bisa saja berakhir pada November mendatang. 

"Komunikasi kita ke PSSI sangat intens soal jadwal liga terutama pada November karena berkaitan dengan Timnas. Namun, hingga saat ini kita belum tahu tim mana yang akan dimainkan apakah senior atau U-23 karena hal ini untuk proteksi klub juga. Bahkan saya dengan kabar coach Luis Milla juga belum pasti latih Timnas di Piala AFF," ujarnya.

© INDOSPORT
Luis Milla. Copyright: INDOSPORTLuis Milla.

Seperti diketahui kontrak Luis Milla memang akan berakhir setelah Asian Games 2018 pada September nanti. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada tanda-tanda pembahasan atau pembaharuan kontrak baru dari PSSI untuk pelatih asal Spanyol itu. Ditenggarai PSSI terlebih dahulu ingin melihat prestasi Timnas Indonesia pada Asian Games karena ditargetkan masuk ke empat besar. Setelahnya baru akan diadakan evaluasi bagi Luis Milla beserta asistennya, apakah akan lanjut ke Piala AFF atau tidak.

Kendati demikian, ada resiko besar yang pasti dihadapi Timnas Indonesia jika saja Luis Milla tidak lagi melatih pada Piala AFF 2108. Pasalnya skuat Garuda hanya memiliki waktu dua pekan pasca Asian Games untuk persiapan sebelum benar-benar terjun di kejuaraan antar negara Asia Tenggara tersebut. 

Selama dilatih Luis Milla, Timnas Indonesia mencatatkan lima kali kemenangan, dua kali seri dan empat kali kalah untuk level senior. Sedangkan di level Timnas U-23, pelatih 51 tahun itu menorehkan rekor enam kali menang, tiga kali imbang dan empat kali kalah.

Di masa kepemimpinannya, Luis Milla berhasil memberikan medali perunggu SEA Games 2017, Malaysia, dan peringkat kedua Aceh World Solidarity Cup pada Desember 2017. Untuk Asian Games Agustus nanti, Timnas Indonesia siap menurunkan para pemain Timnas U-23 ditambah tiga pemain senior.

Sementara itu Piala AFF tahun ini akan hadir dengan format berbeda, yakni dengan sistem pertandingan kandang tandang sejak babak penyisihan grup dan dengan peserta yang lebih banyak yakni sepuluh negara. Menurut laporan drawing akan dilakukan di Indonesia pada 2 Mei 2018 nanti.

1