Liga Indonesia

Termasuk Striker Persib, Ini 4 Pemain Asing Liga 1 2018 yang Berasal dari Negara 'Tak Lazim'

Kamis, 8 Maret 2018 13:41 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Ezechiel N'Douassel dan Rohit Chand. Copyright: © INDOSPORT
Ezechiel N'Douassel dan Rohit Chand.

Kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1 2018, akan segera bergulir. Sejumlah klub peserta telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Liga 1 2018. Mulai dari pemusatan latihan, mengikuti turnamen pramusim atau laga uji coba, hingga mengontrak pemain baru. 

Dari pemain-pemain baru yang dikontrak sejumlah klub, beberapa diantaranya merupakan pemain asing. Bagi sebuah klub untuk mengontrak pemain asing di Liga Indonesia memang sudah lazim dilakukan sejak era Liga Indonesia pada awal dekade 90-an silam. Tercatat banyak nama pemain asing yang mewarnai sepakbola Indonesia. 

Pada era awal Liga Indonesia atau Ligina tahun 90-an awal, mayoritas pemain asing berasal dari negara-negara amerika latin. Brasil, Argentina, Chile, Uruguay, biasanya menjadi negara penyumbang pemain asing terbanyak. 

Selain Amerika Latin, negara-negara Afrika seperti Nigeria dan Kamerun juga menjadi langganan sejumlah klub Indonesia untuk merekrut pemain asing. Banyak nama dari Benua Hitam silih berganti mewarnai perjalanan klub-klub di Indonesia. 

© INDOSPORT
Logo Liga 1. Copyright: INDOSPORTLogo Liga 1.

Dan di Liga 1 2018 pun tak akan jauh berbeda. Bedanya adalah di era Liga 1, mulai diperkenalkan sistem marquee player, serta mulai banyak negara-negara lain yang menyumbang pemain asing ke Indonesia. 

Berikut ini INDOSPORT merangkum 4 pemain asing yang berasal dari negara yang kurang familiar. 

2