Liga Indonesia

Profil Tim Peserta Liga 1 2018: Barito Putera

Rabu, 7 Maret 2018 21:14 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Borneo FC. Copyright: © INDOSPORT
Borneo FC.

Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, yakni Liga 1 2017 telah berakhir. Bhayangkara FC memastikan diri sebagai juara baru di Liga 1 setelah berhasil mengumpulkan 68 poin dari 34 pertandingan yang dimaninkan oleh skuat berjuluk The Guardians tersebut.

Di kompetisi Liga 1 2017, banyak tercipta drama, rekor, top skor, juara baru hingga kejadian unik dan menarik lainnya. Sederet kejadian tersebut telah menyisakan kenangan yang akan terus diingat oleh para pecinta sepakbola di Indonesia. 

Menyambut kompetisi Liga 1 2018, PSSI dan PT. LIB selaku operator kompetisi di Indonesia tengah membahas dan mempersiapkan jadwal penentuan kick off Liga 1 2018. Saat ini, jadwal tersebut tengah jadi pembahasan serius PSSI dan PT LIB guna menentukan waktu yang pas untuk digelarnya kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Ada opsi Kick Off (Liga 1) tanggal 18,23 atau 24 Maret 2018. Tapi spekulasinya masih ditahan dulu tunggu RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) tanggal 8. Dari tanggal 8 nanti PSSI ingin memastikan bahwa semua opsi kick-off disetujui oleh seluruh klub dengan referensi kalender kompetisi," beber PLT Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, pada Selasa (06/03/18).

Mendengar kepastian kabar tersebut, salah satu kontestan tim peserta Liga 1 asal Banjarmasin, Barito Putera tengah serius mempersiapkan skuat terbaik guna meraih hasil maksimal di Liga 1 musim 2018. Skuat berjuluk Laskar Antasari tersebut tengah mengebut persiapan dengan melakukan Training Centre (TC), mengikuti turnamen pramusim dan melakukan beberapa kali uji coba dengan tim-tim lainnya demi mengukur kemampuan jelang tampil di kompetisi Liga 1 2018.

Di Liga 1 2018, skuat Barito Putera ditargetkan untuk bisa meraih gelar juara. Menurut Manajer tim Barito Putera, Hasnuryadi Sulaeman, mengungkapkan bahwa di Liga 1 2018 Barito Putera akan berusia 30 tahun. Di momen tersebut, dirinya ingin memberikan kado istimewa dengan membawa skuat Laskar Antasari merengkuh gelar juara Liga 1 2018.

"Dengan semangat di Usia 30 tahun, Barito Putera bertekad untuk mempersembahkan yang terbaik dengan berhasil menjadi juara Liga 1 2018. Kami ingin memberikan yang terbaik di momentum 30 tahun ini. Kami harus memberikan gelar juara kepada masyarakat Banjarmasin," beber Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaeman di acara peluncuran tim Barito Putera pada, Selasa (19/02/18) lalu.

© Istimewa
Hasnuryadi Manajer Barito Putera Copyright: IstimewaHasnuryadi Manajer Barito Putera

Dengan target tersebut, staff pelatih Barito Putera dituntut untuk bekerja keras guna mewujudkan target tersebut. Menanggapi kabar itu, pelatih kepala Barito Putera, Jackson F Tiago menyatakan sangat tertantang dan siap untuk mewujudkan target tersebut.

"Itu sudah target, dan tentu tinggal menjalankan tugas tersebut. Kita tahu jalur untuk menuju kesana. Dahulu saya melatih tim besar dan juga Timnas (Indonesia) tidak ada beban. Jadi harus tanggung jawab untuk menjalankan tugas tersebut," kata pelatih Barito Putera, Jackson F Tiago.

Demi mewujudkan target besar tersebut, lantas bagaimana persiapan yang telah dilakukan skuat Barito Putera dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2018? Strategi dan taktik apa yang akan dipakai oleh skuat Laskar Antasari di musim depan? Berikut INDOSPORT coba membedah kekuatan tim Barito Putera jelang tampil di Liga 1 2018. 

79