Liga Indonesia

Profil Tim Peserta Liga 1 2018: PSM Makassar

Selasa, 6 Maret 2018 15:33 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Logo PSM Makassar. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSM Makassar.

Seperti musim lalu PSM Makassar kembali akan menjadi salah satu kekuatan di Liga 1 2018. Klub berjuluk Pasukan Ramang tersebut telah melakukan berbagai persiapan demi menebus kegagalan di musim lalu. 

Sebenarnya di Liga 1 2017 lalu, kiprah PSM Makassar tak bisa dibilang buruk. Bahkan di pekan-pekan terakhir Liga 1 2017, PSM menjadi salah satu kandidat kuat peraih gelar juara. 

Sayangnya, jadwal pertandingan kala itu tak berpihak pada PSM Makassar. Di pekan ke-33 atau satu pekan sebelum Liga 1 2017 berakhir, PSM harus berhadapan dengan kandidat juara lainnya, Bali United. Dan akhirnya, PSM harus melupakan gelar juara karena dikalahkan Serdadu Tridatu di Stadion Andi Mattalatta, Makassar dengan skor 0-1. 

Kekalahan itu membuat PSM harus puas duduk di peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1 2017. Dengan posisi itu, sebenarnya PSM bisa menjadi calon wakil Indonesia di kompetisi Piala AFC 2018. Tapi anak asuh Robert Rene Alberts tersebut tak lolos verifikasi AFC sehingga jatah tiket ke Piala AFC akhirnya diberikan kepada Persija Jakarta. 

Kini, di Liga 1 2018 PSM kembali menjadi salah satu kandidat penantang gelar bagi Bhayangkara FC. Sejumlah persiapan telah dilakukan PSM Makassar. PSM menggelar pemusatan latihan hingga ke Pulau Dewata, Bali demi memperkuat persiapan mereka menghadapi Liga 1 2018. 

Selain TC, PSM Makassar juga cukup aktif mengikuti turnamen pramusim. Selain mengikuti Piala Presiden 2018, PSM menggelar turnamen sendiri bertajuk Super Cup Asia 2018. PSM juga baru-baru ini mengikuti Trofeo Battle of Borneo di Balikpapan.

© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Foto skuat PSM Makassar/. Copyright: Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORTFoto skuat PSM Makassar/.

Namun performa PSM di turnamen pramusim belum bisa dikatakan bagus. Di Piala Presiden 2018, PSM menelan dua kekalahan dan hanya berhasil menang satu kali. Di Battle of Borneo, PSM sama sekali gagal meraih kemenangan. Sedangkan di Super Cup Asia, PSM berhasil meraih juara. Namun level tim yang mereka kalahkan tidaklah sebagus tim-tim seperti Bali United atau pun Persija sekarang ini. 

Berikut ini INDOSPORT akan menyajikan ulasan dan prediksi kekuatan PSM Makassar disertai strategi yang akan mereka tunjukkan di Liga 1 2018 mendatang. 

192