Liga Indonesia

Profil Tim Peserta Liga 1 2018: Arema FC

Selasa, 6 Maret 2018 15:51 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Indosport.com
Profil Arema FC Copyright: © Indosport.com
Profil Arema FC

Liga 1 2017 lalu nampaknya tidak menjadi musim yang pantas dikenang oleh Arema FC karena harus puas hanya duduk di peringkat ke-9 klasemen akhir. Meski hanya kalah sekali dalam 17 laga kandang musim lalu, Arema tidak terlalu beringas kala memainkan laga-laga tandang mereka.

Menyambut Liga 1 2018 yang akan segera dimulai pun membuat Arema FC juga mempersiapkan diri guna menghadapi persaingan musim depan yang lebih ketat. Sama seperti klub-klub lainnya di Liga 1, Arema juga mendatangkan beberapa pemain anyar dan melepas para pemain lama yang dinilai kurang berkontribusi untuk mereka musim lalu.

Tim berjuluk Singo Edan pun menyadari dengan promosinya Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang yang notabene merupakan klub klasik di kancah sepakbola Tanah Air, persaingan Liga 1 akan semakin ketat. Oleh karena itu, dari posisi kiper, pemain bertahan, gelandang hingga penyerang pun terlihat wajah-wajah baru.

Tidak hanya kedatangan para pemain baru, ternyata Arema kehilangan beberapa pemain andalannya musim lalu, seperti Beny Wahyudi, Ahmad Bustomi, Arif Suyono, Adam Alis hingga striker gaek mereka, Cristian Gonzales yang memilih untuk hengkang. Seperti kebanyakan klub-klub Liga 1, Joko Susilo yang bakal menjadi pelatih kepala sejak awal musim nanti memang merombak skuatnya besar-besaran.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Arema FC, Joko Susilo. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPelatih Arema FC, Joko Susilo.

Perombakan besar-besaran yang dilakukan oleh pelatih yang akrab disapa Gethuk itu pun terlihat sedikit membuahkan hasil untuk Singo Edan di beberapa pertandingan pra musim mereka. Seperti pada Piala Presiden 2018 bulan lalu, Arema FC berhasil lolos babak grup dengan status gelar juara grup. Namun, perjalanan Arema di Piala Presiden harus terhenti oleh Sriwijaya FC di babak 8 besar.

Usai Piala Presiden, Arema pun menguji kekuatan dan kekompakan skuat mereka di turnamen pramusim lainnya, Piala Gubernur Kaltim 2018. Tergabung di Grup A bersama PSIS Semarang, Borneo FC, dan Mitra Kukar, Arema sempat kesulitan dan hampir tidak lolos ke fase selanjutnya.

Beruntung, Arema yang sempat menelan kekalahan di dua laga pertama, mampu memenangkan laga terakhir grup menghadapi Mitra Kukar dan memastikan diri lolos ke semifinal. Mengalahkan Persebaya Surabaya di semifinal, Arema pun bersua Sriwijaya FC di partai puncak Piala Gubernur Kaltim. Namun tim asuhan Gethuk harus menelan kekalahan dengan skor akhir 3-2.

© instagram.com/aremafcofficial
Skuat Arema FC saat penyerahan gelar runner-up Piala Gubernur Kaltim Copyright: instagram.com/aremafcofficialSkuat Arema FC saat penyerahan gelar runner-up Piala Gubernur Kaltim

Meski terus-terusan menemui kegagalan, melihat komposisi pemain dan penampilan Arema di dua turnamen pramusim sejauh ini, terlihat lebih meyakinkan dari penampilan musim lalu. Apalagi, kehadiran Aremania sebagai pendukung setia Arema dapat membuat klub asal Malang ini layak diperhitungkan dalam persaingan Liga 1 musim depan.

Oleh karena itu, sudah sejauh mana aktivitas Arema FC di bursa transfer Liga 1? Siapa pemain yang akan bersinar bersama Singo Edan di musim depan? Berikut INDOSPORT sajikan profil lengkap Arema FC musim depan, lengkap dengan taktik yang bakal diterapkan Gethuk nanti.

297