Liga Indonesia

5 Jersey Klub Indonesia yang Bagai Pinang Dibelah Dua dengan Milik Klub Raksasa Eropa

Kamis, 22 Maret 2018 10:46 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Jersey merupakan bagian penting bagi sebuah tim. Desain jersey sebuah klub pasti mengandung filosofi tersendiri sekaligus menjadi representasi dari tim tersebut untuk mengarungi panasnya kompetisi yang ada di hadapan mereka.

Namun tak jarang, desain jersey nampak mirip satu sama lain atau bahkan memang terinspirasi dari jersey asal klub terkenal sebelumnya yang muncul terlebih dahulu. Sebagai contoh, PSM Makassar yang baru meluncurkan tim dan jersey mereka jelang kick off Liga 1 musim 2018 yang akan digelar besok, Jumat (23/03/18).

PSM mengaku terinspirasi dari desain jersey milik dua klub Liga Primer Inggris, yakni Everton dan West Ham United. Jersey skuat Pasukan Ramang sengaja dibuat semirip desain jersey Everton dan West Ham pada tahun 1999 yang juga didesain oleh perusahaan olahraga itu.

Alasannya, kecocokan semangat kebangkitan dari PSM dikatakan cocok dengan semangat Everton dan West Ham kala itu.

Flashback sedikit, PSM bukanlah klub Indonesia pertama yang memiliki jersey yang mirip dengan klub Eropa. Ada beberapa klub Indonesia yang pernah memiliki jersey yang desainnya mirip dengan desain jersey klub Eropa. Berikut INDOSPORT sajikan daftarnya.