In-depth

Menelisik Bisnis Biokimia Mathieu Flamini yang Buat Dirinya Jadi Pesepakbola Terkaya Dunia

Jumat, 23 Maret 2018 14:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Mathieu Flamini. Copyright: © INDOSPORT
Mathieu Flamini.

Baru-baru ini, Forbes mengumumkan deretan pesepakbola terkaya di dunia. Perhitungan tersebut bukan hanya berdasarkan gaji dan sponsor semata melainkan usaha lainnya yang dimiliki oleh pemain bersangkutan. Uniknya, pemain bola terkaya sejagat bukanlah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada mantan pemain Arsenal yang kini berkarier di Getafe, Mathieu Flamini. Pesepakbola asal Prancis itu mempunyai kekayaan mencapai 15 miliar USD atau setara dengan Rp 206 triliun.

Kekayaan sang pemain bahkan jauh di atas milik duo pesepakbola terbaik di dunia, yakni Lionel Messi dengan 230 juta USD atau Rp 3,1 triliun serta Cristiano Ronaldo dengan kekayaan 615 juta USD atau sekitar Rp 8,4 triliun.

Flamini bisa memiliki jumlah kekayaan luar biasa tersebut karena selain pesepakbola, ia juga adalah seorang pengusaha. Flamini memiliki bisnis di bidang biokimia bernama GF Biochemicals. Lantas, seperti apa detail bisnis yang dimiliki Flamini hingga ia bisa memiliki kekayaan fantastis tersebut? Simak ulasan dari INDOSPORT berikut ini. 

2