Bursa Transfer

Termasuk Bintang Barcelona, 5 Bintang Liga Spanyol dengan Release Clause 'Terjangkau'

Sabtu, 31 Maret 2018 16:44 WIB
Editor: Gerry Crisandy
© INDOSPORT
5 Bintang Liga Spanyol dengan Release Clause Terjangkau Copyright: © INDOSPORT
5 Bintang Liga Spanyol dengan Release Clause Terjangkau

Inflasi harga pesepakbola mengejutkan sepakbola dunia dalam beberapa tahun terakhir. Biaya transfer yang seharusnya lima-enam tahun lalu dapat mendatangkan klub seorang pemain kelas dunia, kini hanya dapat membiayai transfer seorang squad player.

Bagaimanapun, jika sebuah tim mengalihkan perhatiannya pada pemain-pemain di La Liga Spanyol, terdapat mutiara-mutiara yang dapat dipetik dengan biaya yang relatif 'murah' di tengah-tengah mencengangkannya harga para pesepakbola saat ini.

Spanyol memiliki aturan yang mewajibkan ditulisnya klausul pelepasan atau release clause di setiap kontrak pemain. Bukan hanya di lapangan hijau, hal ini dimaksudkan untuk memberikan hal bagi setiap pekerja, di bidang apapun, untuk membeli kontraknya dan terbebas dari ikatan tersebut.

© Indosport
Neymar Diperkenalkan PSG Copyright: IndosportNeymar Diperkenalkan PSG

Kasus terakhir yang paling menarik adalah transfer bintang Brasil, Neymar. Paris Saint-Germain rela membayarkan release clause Neymar yang mencapai 222 juta euro atau setara dengan 3,7 triliun rupiah, memaksa Barcelona melepaskan penyerang 26 tahun tersebut ke Ibu Kota Prancis.

Berbeda dengan pemain-pemain berikut memiliki release clause dengan harga yang 'wajar', membuat daftar ini menjadi target buruan yang cocok bagi tim yang enggan menggelontorkan dana gila-gilaan di jendela transfer mendatang.

609