Liga Indonesia

Sempat Tenar, Begini Nasib Marquee Player Liga 1 2017 yang ‘Hilang’ di Musim Ini

Kamis, 12 April 2018 15:48 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Gafis:Yanto/Indosport.com
Mohamed Sissoko, Michael Essien dan Peter Odemwingie Copyright: © Gafis:Yanto/Indosport.com
Mohamed Sissoko, Michael Essien dan Peter Odemwingie

Pada Liga 1 2017 lalu, PSSI bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang menaungi kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017 memberlakukan aturan untuk menggunakan jasa pemain bintang yang dinamakan dengan marquee player, yang mana setiap tim hanya diperbolehkan mempunyai satu marquee player saja.

Definisi marquee player itu sendiri merupakan pemain yang setidaknya pernah bermain di ajang Piala Dunia bersama timnas negaranya, atau bermain di lima kompetisi terbaik Eropa. Hal itu pun membuat beberapa klub Liga 1 2017 lqalu berlomba-lomba mendatangkan pemain bintang yang memiliki status marquee player.

© Instagram/iam_ess
Michael Essien dan Febri Hariyadi Copyright: Instagram/iam_essMichael Essien dan Febri Hariyadi.

Kita lihat saja seperti Persib Bandung yang sempat menggegerkan dunia sepakbola Tanah Air, bahkan internasional, dengan mendatangkan mantan pemain Chelsea dan Real Madrid, Michael Essien.

Selain itu ada nama Peter Osaze Odemwingie yang sempat memperkuat Madura United. Odemwingie sendiri dikenal sebagai pemain asal Nigeria yang pernah bermain untuk West Bromwich Albion. Dirinya juga sempat tampil di ajang Piala Dunia 2010.

Lalu ada Paulo Sergio yang hingga kini masih setia membela Bhayangkara FC. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap kanan ini sebelumnya sempat membela Timnas Portugal dari U-18 hingga U-21, dan sempat membela beberapa klub asal Portugal lainnya.

Namun regulasi Liga 1 2017 lalu berbeda dengan regulasi Liga 1 2018 saat ini. Tidak ada istilah marquee player. PSSI dan PT LIB menetapkan bahwa setiap klub Liga 1 2018 hanya boleh memiliki empat pemain asing, dengan satu pemain asing yang berasal dari benua Asia.

© Herry Ibrahim/Indosport
Peter Odemwingie saat lepas dari penjagaan pemain Bhayangkara FC. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportPeter Odemwingie saat lepas dari penjagaan pemain Bhayangkara FC di Liga 1 2017 lalu.

Lika-liku para pemain marquee player Liga 1 2017 pun beragam pasca penetapan keputusan tersebut. Namun, masih terdapat beberapa pemain marquee player Liga 1 2017 yang bertahan sebagai pemain asing di Liga 1 2018 saat ini.

Lantas, bagaimanakah nasib para marquee player Liga 1 2017 yang memutuskan pergi dari Tanah Air? Mungkinkah nasib mereka mulus? Atau mungkin, bernasib nahas? Berikut ulasannya.